Manfaat Melakukan Senam Body Language

manfaat senam body languageLagi lagi kita mendengar istilah baru dalam dunia senam, yaknik senam body language. Senam ini dilakukan dengan melakukan gerakan sejenis aerobik dengan melakukan kontraksi otot, khususnya bagian pinggul, bagian bokong, perut, dan otot rahim. Para wanita yang melakukan senam ini akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak, diantaranya :

  1. Bisa menjaga kesehatan dan kebugaran

Bagian tubuh yang akan merasakan kebugaran dan kesehatan yang paling optimal adalah organ kewanitaan. Selain itu, senam body language pun bisa membuat Anda memiliki tubh yang kencang dan langsing.

  1. Bisa menjaga keharmonisan rumah tangga

Apabila Anda berupaya untuk melakukan senam body language secara rutin untuk menyehatkan organ kewanitaan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, maka suami akan semakin sayang kepada Anda sehingga keharmonisan rumah tangga bisa terjaga.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila melakukan senam body language. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat J

 

Miliki Jantung Sehat Dengan Senam Jantung Sehat

Penyakit jantung adalah pembunuh mendadak yang mendapat predikat sebagai penyakit paling berbahaya bagi manusia. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, kita harus menjaga pola makan dan gaya hidup, serta melakukan olahraga secara teratur. Khusus untuk olahraga, Anda bisa melakukan senam untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah datangnya penyakit tersebut. Senam tersebut dinamakan senam jantung sehat, yaitu senam dengan gerakan dan teknik pernafasan khusus yang dikhususkan untuk kesehatan jantung.

senam untuk jantung sehatDi Indonesia sendiri, senam ini sudah digandrungi oleh banyak orang, terutama yang sudah agak lanjut usia. Senam jantung sehat ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dalam 1 sesinya. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan pemanasan agar suhu tubuh meningkat sehingga metabolisme dan mobilitas anggota tubuh sudah siap untuk melakukan gerakan lanjutan, yaitu tahap conditioning (inti latihan senam). Jika kedua tahap tersebut sudah dilakukan, maka senam ini diakhiri dengan tahap pendinginan (cooldown) dengan tujuan agar suhu tubuh dan detak jantung pun kembali normal.

Info Singkat Tentang Senam Irama

Artikel kali ini akan mencoba menjabarkan secara ringkas tentang senam irama. Jenis senam ini dikenal juga dengan istilah senam ritmik, yaitu suatu rangkaian gerakan badan yang disesuaikan dengan irama musik yang mengiringinya. Senam ini bisa dilakukan dengan bantuan alat ataupun tidak. Adapun alat yang biasa digunakan pada saat melakukan senam ritmik ini antara lain topi, simpai, bola, pita, atau simpai.

Dalam melakukan senam irama, ada beberapa patokan yang harus diperhatikan sehingga gerakan senam kita tepat dan sesuai. Patokan yang dimaksud antara lain :

  1. Keseimbangan
  2. Keluwesan
  3. Kelentukan
  4. Kontinuitas
  5. Ketepatan dengan irama, dan
  6. Fleksibilitas

Apabila Anda melakukan senam irama ini, maka manfaat yang bisa didapatkan antara lain kebugaran tubuh, tenaga dan kekuatan yang bertambah, serta keindahan bentuk tubuh.

Mengenal Sekilas Tentang Sejarah Senam Di Indonesia

Bagi Anda yang senang berolahraga, pasti sudah tidak aneh dengan kegiatan yang bernama senam, bahkan sebagian besar orang menjadikan hal tersebut sebagai rutinitas harian atau mingguan. Namun tahukah Anda tentang sejarah senam di Indonesia? Kalau belum tahu, silahkan baca penjelasan singkat tentang hal tersebut melalui artikel ini.

Awal mula bangsa Indonesia mengenal istilah senam adalah tahun 1912, yaitu waktu dimana negara Indonesia masih di dalam jajahan bangsa Belanda. Di tahun tersebut, adalah pertama kalinya mata pelajaran pendidikan jasmani menjadi salah satu materi pelajaran wajib di sekolah. Dari situ para siswa diajarkan tentang apa itu senam, apa manfaat senam, dan langsung praktek untuk melakukan gerakan senam bersama sama.

Seiring berjalan waktu, perkembangan sejarah senam di Indonesia mengalami berbagai perubahan, terutama saat penjajahan digantikan oleh bangsa Jepang. Semua perubahan tersebut menimbulkan aneka pengaruh dan modifikasi sehingga saat ini kita mengenal banyak sekali jenis senam di Indonesia.

Macam Macam Senam Berdasarkan Gerakan Dan Alat Yang Digunakan

Apabila Anda senang melakukan kegiatan senam, maka tahukah Anda tentang macam macam senam? Jika sudah mengetahuinya, maka artikel ini akan menjadi pengingat tentangnya, dan apabila Anda belum mengetahuinya, semoga penjelasan dalam artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang dunia senam.

Secara umum, macam macam senam dibagi menjadi 6 jenis, antara lain :

  1. Senam Aerobik
  2. Senam Ritmik
  3. Senam Artistik
  4. Senam Akrobatik
  5. Senam Umum
  6. Senam Trampolin

Itulah klasifikasi senam berdasarkan gerakan, alat, serta musik,  yang digunakan. Jika Anda berprofesi sebagai instruktur senam atau guru olahraga, maka pengetahuan tentang macam macam senam adalah salah satu dasar ilmu yang harus Anda ketahui.