Bagaimana Cara Memilih Seragam Senam Aerobic Yang Tepat?

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tentunya setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda. Mulai dari menjaga gaya hidup, mengkonsumsi makanan sehat, dan berolahraga. Olahraga yang dapat dilakukan juga bermacam-macam mulai dari bersepeda, jogging, berenang, serta bergabung dengan klub senam. Bagi anda yang tergabung dalam sebuah tim senam aerobic, tentunya harus mempunyai seragam senam aerobic yang dapat membuat gerakan tubuh lebih bebas dan fleksibel ketika mengikuti gerakan senam. Supaya seragam aerobic lebih nyaman saat digunakan, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

Memilih seragam senam aerobic: hal-hal yang harus diperhatikan

Salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan saat memilih seragam senam aerobic adalah menyesuaikan kondisi senam. Hal ini berarti baju senam yang digunakan harus sesuai situasi dan kondisi. Misalnya, jika senam diadakan di tempat umum, maka sebaiknya anda memilih model seragam senam aerobic yang tidak terlalu terbuka dan lebih sopan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, anda juga harus memilih bahan yang dapat menyerap keringat dengan mudah serta berbahan lembut. Jika seragam senam aerobic terbuat dari bahan yang kasar, maka anda akan merasa tidak nyaman ketika melakukan gerakan senam. Selain itu, baju yang tidak dapat menyerap keringat dengan maksimal dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap serta membuat tubuh terasa lebih panas. Anda juga harus menghindari pakaian yang ketat. Karena aerobic adalah salah satu senam yang terdiri dari gerakan energik dan berulang-ulang, pilihlah baju senam yang berukuran sesuai dengan tubuh anda namun masih tersisa sedikit ruang atau masih longgar. Hal ini bertujuan untuk menyediakan ruang gerak yang lebih bebas dan leluasa saat melakukan olahraga. Mengenakan baju yang terlalu ketat dapat mengakibatkan sirkulasi darah di dalam tubuh tidak lancar. Bahan seragam senam aerobic yang direkomendasikan adalah kain yang elastis seperti bahan spandex.

Selanjutnya, pilihlah seragam senam aerobic yang berpori. Bahan atau kain yang berpori dapat membantu proses pendinginan tubuh selama melakukan olahraga. Nilon merupakan salah satu jenis bahan yang berpori. Sebaliknya, hindari baju senam yang terbuat dari bahan karet atau plastik karena bahan tersebut akan membuat tubuh anda terasa semakin panas.

Saat memilih baju senam, pastikan anda menyesuaikannya dengan tempat senam. Jika senam dilakukan di luar ruangan, pilihlah seragam senam aerobic dengan warna-warna cerah. Jika anda mengenakan baju senam dengan warna gelap saat berada di luar ruangan, maka suhu tubuh akan meningkat. Hal ini karena warna-warna gelap akan cenderung menahan sinar matahari. Anda juga harus memperhatikan Hijab terutama bagi anda yang mengenakan Hijab. Dengan kata lain, anda masih tetap bisa melakukan tuntunan agama meskipun ketika berolahraga.

Bahan Hijab atau kerudung yang cocok digunakan saat berolahraga adalah yang terbuat dari bahan kaos. Disamping itu, anda juga harus memperhatikan ukuran Hijab yang akan dipadukan dengan seragam senam aerobic. Jika anda mengenakan Hijab dengan ukuran yang terlalu lebar, anda tidak dapat mengikuti gerakan senam dengan maksimal karena akan memberatkan badan saat berolahraga. Saat ini, baju senam muslimah tersedia dengan berbagai model dan desain yang membuat tampilan anda tetap syar’i dan juga lebih fashionable. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung kualitas serta ukuran baju senam. Bagi anda yang bertubuh gemuk, harga baju senam mungkin akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan baju untuk ukuran tubuh normal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *