Cara senam Hamil 8 Bulan

Senam Hamil 8 Bulan Youtube Yang Bisa Dipraktekkan Di Rumah

Apabila kehamilan anda sudah menginjak usia 8 bulan, alangkah baiknya jika melakukan senam hamil 8 bulan youtube. Jika anda merasa kesulitan untuk melakukannya, bisa dilihat di youtube. Karena di youtube tersedia banyak sekali tutorialnya. Anda bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun, contohnya di rumah juga bisa. Apabila anda tidak sempat menonton youtube maka di sini ada beberapa gerakan yang bisa anda praktekkan.

Gerakan senam ini dapat dilatih rutin agar membantu ibu hamil untuk melahirkan secara normal tanpa operasi caesar. Senam ini dilakukan oleh ibu hamil dengan usia kandungan 8 atau 9 bulan agar dimudahkan dalam persalinan, dan bisa juga dilakukan pada ibu hamil yang posisi bayinya sungsang agar kembali ke posisi yang benar. Adapun gerakannya adalah sebagai berikut :

     Berbaring Terlentang

cara senam hamil 8 bulan yang pertama adalah ambilah posisi tubuh berbaring di kasur ataupun matras kemudian kedua tangan masing-masing memegang mata kaki. lakukanlah dengan ambil napas dari mulut kemudian gerakan tubuh naik turun secara perlahan dalam hitungan normal.

     Pose Kupu Kupu

Pose ini dapat dilakukan seperti melatih kekuatan otot paha dan menghilangkan sakit pada punggung yang tegang. Pose kupu-kupu ini sebaiknya dilakukan selama 15 detik dan diulangi beberapa kali. Caranya dengan mengambil posisi duduk tegak dan menyatukan kedua telapak kaki ke depan. lalu tekan kedua lutut hingga menyentuh lantai dan dilakukan berulang kali. gerakan ini dilakukan pada latihan senam untuk ibu hamil usia 8 bulan

     Senam Kegel Ibu Hamil

Senam kegel mempunyai manfaat untuk menguatkan otot panggul, sehingga dalam proses persalinan bayi akan lebih mudah dan waktunya juga singkat. Senam ini dapat dilakukan selama 3-10 detik setiap gerakannya dan diulang sampai 4 kali.

     Duduk bersila

gerakan senam hamil 8 bulan youtube selanjutnya adalah dengan duduk bersila. Anda bisa menggunakan bantalan agar pantat tidak menempel langsung ke lantai. Cara lain juga bisa menggunakan matras sebagai alas untuk latihan. Gerakannya hanya dengan duduk bersila secara nyaman, lalu luruskan tangan dan biarkan telapak tangan menempel di lantai. Aturlah napas secara baik dan tambahkan beberapa gerakan ringan yang lain.

Memasuki kehamilan 8 bulan adalah masa yang menegangkan bagi ibu hamil. Karena pada masa ini pastinya sedang menantikan buah hati yang akan lahir ke dunia. Banyak yang perlu dipersiapkan oleh calon ibu agar persalinannya lancar. Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk sekedar senam hamil agar kebugaran tubuh ibu selalu terjaga. Begitulah cara senam hamil 8 bulan youtube yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah.

Senam hamil 8 bulan youtube ditujukan agar para ibu hamil dapat dipermudah dalam persalinannya. Dan juga dapat membantu persalinan normal.

Memahami Definisi Dan Cara Senam Lantai Sikap Lilin

Senam memang memiliki banyak sekali jenis-jenisnya. Dimana salah satu cabangnya adalah senam lantai. Sesuai dengan namanya, senam lantai ini memang dilakukan di lantai dengan beralaskan dengan matras. Senam lantai ini terdapat jenis senam lantai yang menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Berikut ini akan dibahas mengenai senam lantai sikap lilin. Tentunya senam ini sudah tidak asing lagi didengar. Namun sudah dipastikan bahwa belum tentu semua orang dapat melakukan. Pasalnya gerakan dari senam lantai sikap lilin ini memang membutuhkan teknik gerakan yang benar dan tentunya keseimbangan tubuh yang tinggi. Disisi lain, untuk melakukan jenis senam lantai yang satu ini memang membutuhkan banyak latihan.

Definisi Dan Cara Melakukan Senam Lantai Sikap Lilin

Senam lantai sikap lilin ini dapat diartikan sebagai sikap berdiri tegak lurus yang bertumpu pada kedua tangan dan kepala bagian depan. Definisi lain mengenai senam lantai sikap lilin adalah sebuah gerakan senam yang dilakukan diatas matras dengan kaki tegak berada diatas sedangkan kepala berada di bawah sehingga menyerupai lilin. Gerakan awal untuk memulai sikap lilin adalah dengan badan terlentang terlebih dahulu. Selanjutnya secara pelan-pelan kaki diangkat keatas dengan bantuan otot perut dan tangan.

Untuk melakukan senam lantai sikap lilinmemang perlu melakukan pemanasan berupa peregangan terlebih dahulu. Agar tidak terjadi cidera berupa kram otot. Terdapat dua teknik dalam mengawali gerakan senam lantai gaya lilin. Tekhnik yang pertama adalah dengan awalan jongkok. Pertama, posisi tubuh pada kondisi jongkok, sedangkan tangan pada matras membentuk posisi segitiga sama sisi lalu meletakkan dahi diatas matras tepat diantara tangan kanan dan kiri. Langkah kedua, secara langsung mengangkat kedua kaki bersama dengan pinggul, pada tahap ini bagi pemula mungkin membutuhkan bantuan orang lain. Ketiga, setelah dapat berdiri dengan sikap lurus, usahakan tahan keseimbangan dengan menggunakan kedua tangan.

Teknik senam lantai sikap lilin yang kedua, diawali dengan telentang. Dimana awalannya dengan memposisikan kedua kaki dalam posisi lurus rapat, sedangkan kedua tangan disebelah badan. Selanjutnya gulingkan badan ke arah belakang dengan kedua tangkai kaki lurus, dan telapak tangan bertumpu di lantai sebelah telinga. Selanjutnya guling ke arah depan secara bersamaan dengan tolakan tungkai kaki ke atas depan yang dibantu dengan tolakan kedua tangan sehingga badan sempat melayang layaknya busur. Langkah terakhir adalah mendarat. Dimana kedua kaki dalam posisi rapat dengan bantuan gerakan pinggul yang didorong kedepan. Setelah itu diikuti dengan gerakan badan mengikuti rotasi.

Jenis senam lantai sikap lilin memang membutuhkan kekuatan, ketangkasan dan keseimbangan. Untuk mampu melakukan gerakan senam lantai sikap lilin ini memang membutuhkan latihan, jika perlu membutuhkan bantuan pendamping untuk membantu mengarahkan gerakan secara lebih tepat, serta untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan bentuk tubuh yang maksimal.

senam lantai sikap lilin merupakan bagian dari senam lantai, dimana untuk bisa melakukannya perlu latihan untuk memiliki keseimbangan dan kekuatan tubuh yang baik.

Senam Hamil Sederhana Untuk Usia Kandungan 8 Bulan

Setiap ibu yang tengah masa hamil tentunya menginginkan tumbuh kembang sang janin yang maksimal dan sehat. Disisi lain ibu hamil juga menginginkan persalinan yang normal. dimana dengan mengalami proses persalinan secara normal banyak yang beranggapan merasa menjadi wanita yang seutuhnya. Namun untuk mempersiapkan persalinan normal tentunya ibu harus melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Bukan berarti ibu hamil tidak perlu melakukan olahraga lhoh. Pada kenyataannya ibu hamil pun tetap membutuhkan olahraga, yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraganya, usahakan memilih olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki ataupun melakukan senam hamil. Tentunya melakukan jalan kaki dipagi hari bisa dilakukan oleh ibu hamil setiap harinya, sedangkan senam hamil bisa dilakukan usia kandungan kurang lebih pada usia kandungan trisemester ketiga. Nah bagi ibu hamil bisa mengikuti senam hamil 8 bulan ini dirumah yang tentunya bertujuan untuk memperlancar proses persalinan sang buah hati.

Gerakan Senam Hamil 8 9 Bulan

Gerakan senam hamil usia kandungan 8 bulan yang bisa dilakukan dirumah, salah satunya adalah mencium lantai atau seperti sedang bersujud. Gerakan ini sebaiknya dilakukan diatas matras sehingga ibu hamil akan merasa nyaman. Cara melakukan gerakan senam hamil yang satu ini pertama-tama adalah berjongkok terlebih dahulu. Kemudian membungkuk serta mencium matras dengan perlahan-lahan. Posisi ini memang sama seperti ketika sedang bersujud. Tahan posisi tersebut selama 10 detik. Lakukan gerakan ini sesering mungkin dalam sehari. Pasalnya gerakan ini juga memiliki manfaat, dimana gerakan ini mampu memposisikan kepala bayi mengarah kepanggul.

Gerakan senam hamil 8 bulan selanjutnya disebut sebagai gerakan hip. Dimana posisi awalnya adalah dengan berbaring dalam posisi terlentang dengan kedua lutut ditekuk. Selanjutnya tarik nafas perlahan melalui hidung, pada kondisi tersebut kencangkan otot perut serta pantat. Kemudian ratakan punggung dilantai dan secara perlahan-lahan angkat panggul keatas. Tahan posisi tersebut selama 5 detik dan keluarkan nafas melalui mulut dan kembali ke sikap semula. Rileks kan diri anda dan bisa diulangi beberapa kali.

Selain gerakan senam diatas, ibu hamil juga bisa melakukan senam hamil yang disebut hands dan back up train, dimana gerakan senam ini diawali dengan dengan berdiri tegak, kemudian angkat lengan dengan lurus di bagian atas kepala. Posisikan telapak tangan saling berhadapan. Tahanlah posisi tersebut kurang lebih 20 detik, kemudian regangkan kembali kedua lengan anda selebar mungkin ke arah kanan dan kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Senam hamil 8 bulan selanjutnya adalah disebut gerakan tailor. Dimana gerakan ini dalam yoga disebut juga gerakan kupu-kupu. Dimana gerakan ini dilakukan dengan duduk seakan bersila dilantai namun kedua telapak kaki saling menyatu dan berhadapan. Selanjutnya dorong lutut kearah bawah hingga menyentuh lantai. Lakukan posisi ini kurang lebih selama 10-20 detik dan lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Senam ibu hamil 8 bulan yang satu ini memiliki manfaat untuk melatih otot paha dan juga menghilangkan stress punggung bagian bawah.

Senam hamil 8 bulan merupakan panduan gerakan senam sederhana bagi ibu hamil dengan usia kandungan 8 bulan, dimana senam tersebut dapat dilakukan dirumah.

Cara Melakukan Senam Lantai Roll Depan

Senam lantai merupakan salah satu jenis senam yang sangat digemari oleh berbagai orang untuk menjaga kesehatan mereka. Nah, senam lantai sendiri memiliki banyak sekali variasi yang tentu saja dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Nah salah satu jenis senam lantai yang digemari dan cukup mudah dilakukan adalah roll depan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait senam lantai roll depan sebelum anda melakukannya. Simak beberapa poin terkait cara melakukan roll depan di bawah ini.

Beberapa langkah penting

Untuk melakukan roll depan, tentu saja anda harus mengetahui teknik yang tepat. Mengetahui teknik yang tepat adalah penting untuk menghindari cedera yang mungkin saja terjadi karena kesalahan tumpuan. Nah, awali senam lantai ini dengan memposisikan badan yang tegap dan siap. Setelah itu julurkan tangan lurus keatas. Bungkukkan badan lalu gerakan tangan hingga menyentuh atau menempel pada matras. Pastikan matras yang anda gunakan juga memiliki kondisi yang bagus. Nah, setelah itu, aplikasikan gerakan jongkok dan tempelkan dagu pada dada. Dalam hal ini, anda harus tahu bahwa tumpuan dari gerakan senam lantai roll depan adalah tengkuk.

Nah, tidak cukup sampai disitu, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan adalah kerahkan kekuatan saat mengguling dengan tengkuk sebagai tumpuan tadi. Nah, saat anda mengguling, dalam senam lantai roll depan, lutut harus ditekuk dan tangan digeser hingga lurus ke depan. Sementara itu, pastikan dagu anda masih menempel pada bagian dada. Luruskan tangan dan berdiri. Setidaknya, beberapa teknik tersebut harus anda perhatikan dan kuasai dengan tepat untuk senam lantai yang lancar. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan tanpa sengaja, Apa saja?

Kesalahan yang sering dilakukan

Ada beberapa kesalahan yang seringkali masih dilakukan setiap orang yang melakukan gerakan senam lantai roll depan. Kesalahan ini sebenarnya dapat berakibat fatal, terutama menyebabkan cedera yang dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh anda. Ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan seperti kedua tangan yang tidak bertumpu pada matras dengan kuat. Nah, kesalahan ini tentu saja akan menyebabkan gerakan roll depan tidak sempurna dan bisa saja gagal mengguling dengan benar. Kesalahan ini sangat wajar terjadi terutama pada pemula yang baru pertama melakukan senam lantai.

Selain itu, kesalahan laun yang sering terjadi adalah kedua tangan yang tidak ikut menolak dengan kekuatan penuh saat anda berguling. Tentu saja ini juga merupakan salah satu kesalahan dalam senam lantai roll depan yang harus di waspadai. Gerakan tangan yang kurang akan menyebabkan gerakan roll depan menjadi tidak benar. Bisa saja, anda terjatuh pada posisi yang kurang tepat karena kurangnya dorongan dan tentu saja ini dapat menyebabkan cedera, terutama pada bagian leher anda.

senam lantai roll depan merupakan salah satu jenis senam yang banyak dilakukan. Tentu anda tetap harus melakukannya dengan trik yang benar.

5 Macam Senam Lantai Yang Wajib Di Ketahui

Pernahkah anda mendengar senam lantai? Ya, seperti namanya, senam ini dilakukan di lantai atau seringkali disebut sebagai floor exercise. Nah, senam ini biasanya dilakukan diatas matras yang terbuat dari sabut kelapa atau bahan soft lain. Ada beragam gerakan senam lantai yang dapat anda lakukan. Selain itu, senam ini juga merupakan salah satu jenis senam bebas karena tidak ada sistematika yang khusus seperti SKJ. Kita akan membahas setidaknya 5 macam senam lantai yang populer dikalangan masyarakat. Simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Roll depan

Salah satu gerakan senam lantai yang sering kita dengan adalah roll depan. Ini juga merupakan salah satu gerakan dasar pada senam lantai. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Nah, anda harus berdiri tegak dengan tangan ada disamping badan. Setelah itu, angka kedua tangan anda ke depan lantas bungkukkan badan dan letakkan kedua telapak tangan anda pada matras yang sudah di sediakan. Nah, posisikan siku disamping lalu masukkan kepala pada ruang diantara kedua tangan. Sentuh bahu ke matras dan berguling ke depan. Lipat lutut dengan posisi tangan yang merangkul lutut. Jongkok lantas berdiri.

Roll belakang

Roll belakang juga menjadi salah satu gerakan wajib dalam senam lantai. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan roll belakang dengan mudah. Ya, salah satu dari 5 macam senam lantai ini memang cenderung lebih susah untuk dilakukan. Nah, untuk melakukan hal ini, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Langkah pertama adalah posisikan tubuh pada posisi jongkok dengan kaki yang rapat dan tumit sedikit diangkat. Tundukkan kepala dengan dagu rapat didada. Posisikan tangan disamping telinga dan telapak tangan menghadap bagian atas. Jatuhkan punggung lalu dorong dengan kedua tangan.

Lompat harimau

Secara umum, prinsip dari lompat harimau ini sama dengan gerakan roll belakang. Nah, salah satu ide gerakan senam lantai ini merupakan salah satu variasi dari gerakan roll depan yang juga diwajibkan untuk dilakukan. Perbedaan mendasar dari gerakan ini dengan roll depan adalah bahwa lompat harimau membutuhkan rintangan. Bagi peserta, mereka harus berlari beberapa meter dan melompati rintangan dengan melakukan gerakan roll depan seperti harimau yang hendak menyengkeram mangsanya. Perlu beberapa latihan untuk melakukan gerakan ini dengan benar.

Hands stand

Gerakan lain untuk senam lantai adalah hands stand. Seperti namanya, gerakan senam ini menggunakan tangan sebagai tumpuan untuk berdiri. Untuk melakukannya, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Berdiri tagak dengan salah satu kaki ada di depan. Badan membungkuk dan tumpukan lengan pada matras dengan kekuatan pada bahu. Pandangan sedikit kedepan lalu ayunkan tungkai belakang. Kencangkan otot perut hingga badan menjulur ke atas.

Meroda

Nah, salah satu dari 5 macam senam lantai yang lain adalah meroda. Ini juga merupakan salah satu gerakan senam lantai yang seringkali dilakukan. Dalam hal ini, anda harus melakukan gerakan memutar tubuh dengan sikap menyamping. Untuk melakukan gerakan ini, tumpuan ada pada kedua kaki dan juga tangan.

5 macam senam lantai dapat menjadi beberapa ide senam lantai yang akan anda lakukan. Senam ini sangat baik untuk menjaga keseimbangan anda.

5 Macam Senam Lantai Yang Wajib Di Ketahui

Pernahkah anda mendengar senam lantai? Ya, seperti namanya, senam ini dilakukan di lantai atau seringkali disebut sebagai floor exercise. Nah, senam ini biasanya dilakukan diatas matras yang terbuat dari sabut kelapa atau bahan soft lain. Ada beragam gerakan senam lantai yang dapat anda lakukan. Selain itu, senam ini juga merupakan salah satu jenis senam bebas karena tidak ada sistematika yang khusus seperti SKJ. Kita akan membahas setidaknya 5 macam senam lantai yang populer dikalangan masyarakat. Simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Roll depan

Salah satu gerakan senam lantai yang sering kita dengan adalah roll depan. Ini juga merupakan salah satu gerakan dasar pada senam lantai. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Nah, anda harus berdiri tegak dengan tangan ada disamping badan. Setelah itu, angka kedua tangan anda ke depan lantas bungkukkan badan dan letakkan kedua telapak tangan anda pada matras yang sudah di sediakan. Nah, posisikan siku disamping lalu masukkan kepala pada ruang diantara kedua tangan. Sentuh bahu ke matras dan berguling ke depan. Lipat lutut dengan posisi tangan yang merangkul lutut. Jongkok lantas berdiri.

Roll belakang

Roll belakang juga menjadi salah satu gerakan wajib dalam senam lantai. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan roll belakang dengan mudah. Ya, salah satu dari 5 macam senam lantai ini memang cenderung lebih susah untuk dilakukan. Nah, untuk melakukan hal ini, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Langkah pertama adalah posisikan tubuh pada posisi jongkok dengan kaki yang rapat dan tumit sedikit diangkat. Tundukkan kepala dengan dagu rapat didada. Posisikan tangan disamping telinga dan telapak tangan menghadap bagian atas. Jatuhkan punggung lalu dorong dengan kedua tangan.

Lompat harimau

Secara umum, prinsip dari lompat harimau ini sama dengan gerakan roll belakang. Nah, salah satu ide gerakan senam lantai ini merupakan salah satu variasi dari gerakan roll depan yang juga diwajibkan untuk dilakukan. Perbedaan mendasar dari gerakan ini dengan roll depan adalah bahwa lompat harimau membutuhkan rintangan. Bagi peserta, mereka harus berlari beberapa meter dan melompati rintangan dengan melakukan gerakan roll depan seperti harimau yang hendak menyengkeram mangsanya. Perlu beberapa latihan untuk melakukan gerakan ini dengan benar.

Hands stand

Gerakan lain untuk senam lantai adalah hands stand. Seperti namanya, gerakan senam ini menggunakan tangan sebagai tumpuan untuk berdiri. Untuk melakukannya, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Berdiri tagak dengan salah satu kaki ada di depan. Badan membungkuk dan tumpukan lengan pada matras dengan kekuatan pada bahu. Pandangan sedikit kedepan lalu ayunkan tungkai belakang. Kencangkan otot perut hingga badan menjulur ke atas.

Meroda

Nah, salah satu dari 5 macam senam lantai yang lain adalah meroda. Ini juga merupakan salah satu gerakan senam lantai yang seringkali dilakukan. Dalam hal ini, anda harus melakukan gerakan memutar tubuh dengan sikap menyamping. Untuk melakukan gerakan ini, tumpuan ada pada kedua kaki dan juga tangan.

5 macam senam lantai dapat menjadi beberapa ide senam lantai yang akan anda lakukan. Senam ini sangat baik untuk menjaga keseimbangan anda.

Pembagian Gerakan Senam Skj 96

Siapa yang tidak kenal dengan senam yang satu ini. Ya, senam kesehatan jasmani atau SKJ merupakan salah satu senam legend yang diwajibkan pada masa orde baru. Senam ini mulai di kenalkan di Indonesia sekitar tahun 1980an. Nah, senam SKJ ini merupakan salah satu senam yang wajib dilakukan oleh siswa sekolah negeri dan swasta untuk menjaga kesehatan mereka. Salah satu yang paling terkenal adalah senam SKJ 96. Ada beberapa pembagian gerakan senam ini yang sebaiknya anda tahu. Apa saja?

Pemanasan

Untuk gerakan senam SKJ 96 yang pertama, tentu saja anda harus melakukan pemanasan. Nah, dalam pemanasan ini, ada beberapa prioritas gerakan yang harus anda lakukan, seperti jalan ditempat yang bertujuan untuk melemaskan otot kaki anda. Selain itu, ada pula gerakan kepala yang gerakan ini meliputi gerakan menoleh ke kiri dan kanan lalu memutar kepala. Tujuan gerakan ini adalah melemaskan otot leher. Gerakan pemanasan lanjut ke gerakan bahu dengan memutar bahu hingga 360 derajat. Selain bahu, gerakan punggung juga merupakan salah satu gerakan wajib pada masa pemanasan.

Gerakan peralihan

Setelah beberapa gerakan pemanasan sebagaimana dijelaskan diatas, anda lalu melakukan gerakan peralihan. Nah, seperti namanya, gerakan ini berfokus pada perpindahan dari posisi senam sebelumnya. Beberapa fokus gerakan ini seperti gerakan maju, mundur, kesamping dan juga tepuk tangan. Untuk gerakan senam sendiri, tersedia beragam variasi yang dapat anda lakukan. Akan tetapi, fokus gerakan peralihan adalah pada otot anggota gerak tubuh, seperti tangan dan juga kaki. Nah, pada beberapa gerakan senam SKJ 96 ini, tentu otot yang sudah lemas akan memudahkan gerakan peralihan yang akan anda lakukan.

Gerakan inti

Setelah gerakan peralihan berakhir, maka anda akan disuguhkan dengan beberapa gerakan inti senam SKJ 96 yang bervariasi. Ada beberapa gerakan inti dari senam SKJ ini, seperti gerakan untuk meluruskan keseluruhan tangan lalu menekuknya. Gerakan ini dilakukan untuk menguatkan otot tangan anda. Selain itu, anda juga akan melakukan beberapa gerakan kombinasi pada bagian kaki anda, terutama untuk melatih keseimbangan tubuh. Gerakan lain yang disarankan adalah gerakan mengayunkan tangan, yang dilakukan seperti orang yang memanah dan lainnya.

Nah, dengan beberapa pembagian gerakan tersebut, dapat kita lihat bahwa senam SKJ 96 merupakan salah satu senam yang sistematis yang tentu saja akan memberikan beragam manfaat bagi kesehatan anda. Setelah gerakan inti, ada tambahan gerakan pelemasan untuk mendinginkan otot. Gerakan ini terfokus pada gerakan pelan di beberapa anggota gerak tubuh. Senam SKJ sangat digemari karena di iringi dengan music yang mendukung gerakannya. Anda tentu masih bisa menembukan beberapa kaset senam SKJ sampai hari ini.

senam SKJ 96 merupakan salah satu senam yang sangat digemari sejak jaman dulu. Nah, lakukan senam ini untuk menjaga kesehatan anda.

Beberapa Gerakan Senam Hamil 4 Bulan Youtube

Melakukan beberapa gerakan senam bagi seorang ibu hamil 4 bulan adalah salah satu hal yang sebenarnya penting untuk dilakukan. Ibu hamil memang tidak boleh melakukan beberapa gerakan ekstrem yang dapat membahayakan kehamilannya. Akan tetapi, melakukan senam juga penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil secara umum. Nah, ada beberapa gerakan senam yang direkomendasikan untuk dilakukan. Berikut ada beberapa gerakan senam hamil 4 bulan Youtube yang dapat anda lakukan dirumah. Nah, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Duduk tegak bersila

Untuk gerakan senam hamil 4 bulan pertama yang dapat anda lakukan dengan mudah dan cenderung aman adalah duduk tegak bersila. Ini adalah salah satu gerakan senam yang direkomendasikan untuk anda lakukan sebanyak mungkin setiap hari. Ya, anggap saja ini adalah salah satu hal baru yang harus anda jadikan kebiasaan. Disini, anda hanya perlu untuk membiasakan diri duduk tegak bersila. Manfaat dari duduk tegak bersila ini adalah menguatkan punggung untuk menghindari nyeri saat kehamilan beranjak membesar.

Sikap merangkak 1

Gerakan senam lain yang disarankan untuk ibu hamil usia 4 bulan adalah sikap merangkak 1. Ini adalah salah satu gerakan senam yang cukup mudah untuk dilakukan. Nah, sikap merangkak ini dapat dilakukan dengan menjaga jarak kedua tangan anda dengan jarak antar kedua bahu. Tentu saja, semua anggota gerak pada tubuh tersebut haruslah tegak lurus dengan lantai. Selain itu, badan juga harus sejajar dengan lantai. Nah, tujuan dari gerakan ini adalah menguatkan otot perut anda secara efektif. Lakukan gerakan senam hamil 4 bulan Youtube ini sekitar 8 kali sehari.

Berbaring miring

Gerakan senam hamil 4 bulan lain yang dapat anda lakukan adalah berbaring miring. Ya, ini juga merupakan salah satu senam yang cukup mudah dilakukan dan akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi ibu hamil. Nah, bagaimana caranya? Tentu saja anda hanya perlu berbaring seperti biasanya dan arahkan punggung anda miring ke kiri ataupun ke kanan secara bergantian. Gerakan ini cukup efektif untuk menguatkan otot punggung sebagai penopang. Selain itu, gerakan ini juga dapat digunakan untuk melatih pernafasan anda.

Nah, beberapa ide diatas dapat menjadi salah satu pilihan diantara banyaknya senam hamil 4 bulan Youtube yang dapat anda lakukan dengan mudah di rumah masing-masing. Perlu diketahui bahwa gerakan senam tersebut aman untuk dilakukan setiap hari demi peningkatan kesehatan kehamilan anda. Nah, lakukan gerakan senam tersebut secara teratur dan imbangi dengan konsumsi makanan yang sehat. Konsumsi yang sehat tentu saja akan mempengaruhi kesehatan kehamilan. Jangan lupa untuk selalu periksa kondisi kehamilan secara kontinu.

senam hamil 4 bulan Youtube dapat dilakukan secara berkala setiap hari. Imbangi dengan asupan makanan bergizi untuk menjaga kehamilan anda.

Fungsi Senam Hamil 6 Bulan Keatas Bagi Kesehatan Tubuh Ibunda

Sebenarnya mengapa banyak orang-orang di sekitar Anda yang menyarankan untuk melakukan senam ketika tengah hamil dan memasuki bulan yang riskan seperti melakukan senam hamil 6 bulan ke atas? Ternyata ada alasan khusus mengapa para Ibunda disarankan untuk melakukan kegiatan ini. Salah satu unsur utama mengapa senam banyak dilakukan oleh Ibu hamil adalah agar menjaga kesehatan tubuh serta agar membantu proses persalinan yang akan Anda alami bulan-bulan berikutnya.

Fungsi Senam Hamil untuk Ibu Hamil

Melakukan senam ini tidak saja mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat melainkan juga menjaga agar posisi tubuh bayi berada pada posisi yang tepat. Anda tentu pernah mendengar seorang Ibu memiliki kandungan dengan posisi bayi yang miring atau sungsang. Nah, kondisi seperti ini bisa Anda hindari dengan cara melakukan kegiatan senam khusus seperti ini. Beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari melakukan kegiatan ini adalah melatih otot-otot tubuh agar menjadi lebih rileks sehingga ketika proses persalinan tiba tubuh Anda telah siap.

Perasaan tegang yang biasanya muncul ketika kontraksi terjadi seringkali membuat tubuh berekasi menjadi tegang pula. Hal ini bisa mempengaruhi proses bersalin Anda. Salah satu akibatnya adalah rasa sakit yang muncul pada saat melahirkan. Agar Anda tidak perlu merasakan sakit yang berlebihan, atau istilahnya agar Anda mampu melahirkan dengan nyaman tanpa mengalami rasa sakit adalah dengan cara melakukan Senam hamil 6 bulan ke atas ini.

Selain dari segi kesiapan tubuh, senam ini bisa membuat kondisi psikis atau mental Ibunda menjadi lebih siap. Anda bisa menjalani proses bersalin secara normal tanpa perlu mengalami rasa sakit yang berlebihan. Lantas adakah teknik-teknik khusus untuk melakukan senam bagi Ibu hamil? Ada beberapa teknik yang umumnya dilakukan oleh Ibu hamil. Senam ini biasanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kandungan berusia 6 hingga 9 bulan. Senam ibu hamil 9 bulan bisa dilakukan dengan cara bersila, berbaring, dan merangkak.

Macam Posisi Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil 8 bulan bisa dilakukan dengan posisi bersila. Posisi ini merupakan salah satu posisi yang banyak digemari dan populer. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pemanasan. Pemanasan sangatlah penting karena membantu tubuh Anda untuk siap. Anda dapat mengatur ritme pernapasan Anda secara perlahan. Kemudian, duduklah di atas mantras yang empuk dengan posisi bersila. Posisi punggung Anda haruslah tegak. Lalu bukalah telapak tangan Anda dan arahkan ke depan secara lurus hingga menyentuh ke lantai.

Saat Anda berada dalam posisi ini, aturlah nafas secara teratur dengan tarikan yang dalam dan rileks. Posisi ini dilakukan selama beberapa saat. Kemudian angkat kembali kedua tangan Anda dalam turunkan posisi tangan Anda kembali ke atas paha. Gerakan ini juga dilakukan dengan sembari melakukan gerakan rileks menarik dan melepaskan udara melalui mulut dengan perlahan. Gerakan yang mudah dilakukan ini bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki usia kandungan 6 bulan atau lebih. Anda juga bisa melakukan senam hamil 6 bulan keatas dengan cara berbaring atau merangkak.

Senam hamil 6 bulan ke atas dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan beberapa posisi seperti posisi bersila yang sangat populer. Senam ini mampu membantu persalinan.

Mencapai Sehat Secara Sederhana Dengan Senam Diabetes 6

Menjaga kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya untuk mensyukuri nikmat Tuhan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk salah satunya melalui kegiatan senam khususnya bagi Anda yang mengidap penyakit berat seperti diabetes yang membutuhkan penanganan secara lebih hati-hati teratur dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga senam seperti senam diabetes 6 ini. Latihan ini dilakukan melalui 6 gerakan inti yang membantu kinerja tubuh agar mampu bekerja dengan lebih baik serta membantu memperkuat ketahanan tubuh Anda. Ingin tahu lebih lanjut tentang senam unik ini? Ikuti ulasan berikut ini.

Jenis Teknik Gerakan Senam

Bentuk gerakan yang dilakukan untuk senam yang khusus ditujukan kepada orang yang memiliki penyakit diabetes ini sangat mudah dilakukan. Gerakan yang dilakukan sangatlah simpel yakni dengan berjalan di tempat sambil melakukan gerakan pernafasan secara teratur. Gerakan yang begitu mudah untuk dilakukan ini, meski terlihat sederhana, mampu memberikan efek yang baik untuk tubuh. Inti dari gerakan senam ini adalah menggerakkan bagian tubuh secara keseluruhan dengan langkah yang sederhana disertai dengan sautan yang keras dan bertenaga yang dikeluarkan dari suara Anda.

Senam Diabetes 6 dilakukan dengan menggerakkan bagian kaki selayaknya berjalan dengan cara mengangkat kaki hampir sejajar dengan area perut dan dilakukan di tempat, artinya Anda tidak perlu berjalan mengitari luas tempat tertentu karena cukup dilakukan di tempat. Gerakan ini biasanya diikuti dengan mengangkat kedua tangan dengan bagian jari yang dikepalkan. Ritme gerakan dilakukan dengan tempo yang lambat dan cenderung santai, membuat aliran pernafasan Anda menjadi lebih teratur.

Ritme yang sederhana dengan tempo yang cukup dibarengi dengan pengaturan nafas yang teratur akan memperlancar aliran pernafasan Anda sehingga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar. Kegiatan ini cukup dilakukan selama beberapa menit setiap hari. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa kegiatan ini harus dilakukan secara konsisten. Meski hanya beberapa menit, kegiatan senam ini cukup membantu Anda karena tubuh Anda digerakkan secara teratur setiap hari. Anda bisa mencari tahu bentuk gerakan dalam senam secara lebih pasti dengan melihat atau menonton video senam diabetes terbaru yang banyak dirilis atau diupload di berbagai media.

Teknik Gerakan Senam Diabetes 6

Cara melakukan gerakan ini dilakukan sebanyak 2 x 8 hitungan. Langkah pertama dilakukan dengan cara menggerakkan kaki selayaknya berjalan kaki hanya saja dilakukan di tempat. Hitungan dimulai dari angka 1 sampai 3 dengan mulai menggerakkan kaki kanan. Kemudian angkat kedua tangan Anda dan kepalkan. Ayunkan kedua tangan yang mengepal tadi dari arah dagu menuju arah belakang pinggang Anda. Hitungan selanjutnya yakni pada hitungan ke empat, lakukan gerakan berjalan di tempat dibarengi dengan mengerahkan kedua tangan ke bagian bahu lalu berteriaklah “HU…!” secara kuat dan bertenaga.

Kemudian lanjutkan dengan menepukkan tangan ke bagian paha Anda dan meneriakkan sautan lain yakni “HAA!” dengan penuh tenaga. Lalu pada hitungan ke lima hingga ke tujuh lakukan gerakan yang sama seperti dengan yang Anda lakukan pada gerakan pertama hingga ke empat. Senam untuk penderita diabetes ini dapat dilakukan oleh siapapun bahkan lebih-lebih kepada para lansia. Gerakan yang mudah ini disertai dengan manfaat yang besar ini sangat cocok untuk dilakukan oleh Anda yang ingin mencari tahun jenis senam diabetes melitus pada lansia. Tentu saja Anda bisa mengimbangi kegiatan senam diabetes 6 dengan melakukan diet makanan yang sehat dan teratur agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat kembali.

Senam diabetes 6 adalah senam sederhana yang khusus diperuntukkan kepada para penderita diabetes dan lansia dengan langkah gerakan yang mudah dan sederhana.