5 Macam Senam Lantai Yang Wajib Di Ketahui

Pernahkah anda mendengar senam lantai? Ya, seperti namanya, senam ini dilakukan di lantai atau seringkali disebut sebagai floor exercise. Nah, senam ini biasanya dilakukan diatas matras yang terbuat dari sabut kelapa atau bahan soft lain. Ada beragam gerakan senam lantai yang dapat anda lakukan. Selain itu, senam ini juga merupakan salah satu jenis senam bebas karena tidak ada sistematika yang khusus seperti SKJ. Kita akan membahas setidaknya 5 macam senam lantai yang populer dikalangan masyarakat. Simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Roll depan

Salah satu gerakan senam lantai yang sering kita dengan adalah roll depan. Ini juga merupakan salah satu gerakan dasar pada senam lantai. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Nah, anda harus berdiri tegak dengan tangan ada disamping badan. Setelah itu, angka kedua tangan anda ke depan lantas bungkukkan badan dan letakkan kedua telapak tangan anda pada matras yang sudah di sediakan. Nah, posisikan siku disamping lalu masukkan kepala pada ruang diantara kedua tangan. Sentuh bahu ke matras dan berguling ke depan. Lipat lutut dengan posisi tangan yang merangkul lutut. Jongkok lantas berdiri.

Roll belakang

Roll belakang juga menjadi salah satu gerakan wajib dalam senam lantai. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan roll belakang dengan mudah. Ya, salah satu dari 5 macam senam lantai ini memang cenderung lebih susah untuk dilakukan. Nah, untuk melakukan hal ini, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Langkah pertama adalah posisikan tubuh pada posisi jongkok dengan kaki yang rapat dan tumit sedikit diangkat. Tundukkan kepala dengan dagu rapat didada. Posisikan tangan disamping telinga dan telapak tangan menghadap bagian atas. Jatuhkan punggung lalu dorong dengan kedua tangan.

Lompat harimau

Secara umum, prinsip dari lompat harimau ini sama dengan gerakan roll belakang. Nah, salah satu ide gerakan senam lantai ini merupakan salah satu variasi dari gerakan roll depan yang juga diwajibkan untuk dilakukan. Perbedaan mendasar dari gerakan ini dengan roll depan adalah bahwa lompat harimau membutuhkan rintangan. Bagi peserta, mereka harus berlari beberapa meter dan melompati rintangan dengan melakukan gerakan roll depan seperti harimau yang hendak menyengkeram mangsanya. Perlu beberapa latihan untuk melakukan gerakan ini dengan benar.

Hands stand

Gerakan lain untuk senam lantai adalah hands stand. Seperti namanya, gerakan senam ini menggunakan tangan sebagai tumpuan untuk berdiri. Untuk melakukannya, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Berdiri tagak dengan salah satu kaki ada di depan. Badan membungkuk dan tumpukan lengan pada matras dengan kekuatan pada bahu. Pandangan sedikit kedepan lalu ayunkan tungkai belakang. Kencangkan otot perut hingga badan menjulur ke atas.

Meroda

Nah, salah satu dari 5 macam senam lantai yang lain adalah meroda. Ini juga merupakan salah satu gerakan senam lantai yang seringkali dilakukan. Dalam hal ini, anda harus melakukan gerakan memutar tubuh dengan sikap menyamping. Untuk melakukan gerakan ini, tumpuan ada pada kedua kaki dan juga tangan.

5 macam senam lantai dapat menjadi beberapa ide senam lantai yang akan anda lakukan. Senam ini sangat baik untuk menjaga keseimbangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *