Cara Melakukan Senam Lantai Roll Depan

Senam lantai merupakan salah satu jenis senam yang sangat digemari oleh berbagai orang untuk menjaga kesehatan mereka. Nah, senam lantai sendiri memiliki banyak sekali variasi yang tentu saja dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Nah salah satu jenis senam lantai yang digemari dan cukup mudah dilakukan adalah roll depan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait senam lantai roll depan sebelum anda melakukannya. Simak beberapa poin terkait cara melakukan roll depan di bawah ini.

Beberapa langkah penting

Untuk melakukan roll depan, tentu saja anda harus mengetahui teknik yang tepat. Mengetahui teknik yang tepat adalah penting untuk menghindari cedera yang mungkin saja terjadi karena kesalahan tumpuan. Nah, awali senam lantai ini dengan memposisikan badan yang tegap dan siap. Setelah itu julurkan tangan lurus keatas. Bungkukkan badan lalu gerakan tangan hingga menyentuh atau menempel pada matras. Pastikan matras yang anda gunakan juga memiliki kondisi yang bagus. Nah, setelah itu, aplikasikan gerakan jongkok dan tempelkan dagu pada dada. Dalam hal ini, anda harus tahu bahwa tumpuan dari gerakan senam lantai roll depan adalah tengkuk.

Nah, tidak cukup sampai disitu, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan adalah kerahkan kekuatan saat mengguling dengan tengkuk sebagai tumpuan tadi. Nah, saat anda mengguling, dalam senam lantai roll depan, lutut harus ditekuk dan tangan digeser hingga lurus ke depan. Sementara itu, pastikan dagu anda masih menempel pada bagian dada. Luruskan tangan dan berdiri. Setidaknya, beberapa teknik tersebut harus anda perhatikan dan kuasai dengan tepat untuk senam lantai yang lancar. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan tanpa sengaja, Apa saja?

Kesalahan yang sering dilakukan

Ada beberapa kesalahan yang seringkali masih dilakukan setiap orang yang melakukan gerakan senam lantai roll depan. Kesalahan ini sebenarnya dapat berakibat fatal, terutama menyebabkan cedera yang dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh anda. Ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan seperti kedua tangan yang tidak bertumpu pada matras dengan kuat. Nah, kesalahan ini tentu saja akan menyebabkan gerakan roll depan tidak sempurna dan bisa saja gagal mengguling dengan benar. Kesalahan ini sangat wajar terjadi terutama pada pemula yang baru pertama melakukan senam lantai.

Selain itu, kesalahan laun yang sering terjadi adalah kedua tangan yang tidak ikut menolak dengan kekuatan penuh saat anda berguling. Tentu saja ini juga merupakan salah satu kesalahan dalam senam lantai roll depan yang harus di waspadai. Gerakan tangan yang kurang akan menyebabkan gerakan roll depan menjadi tidak benar. Bisa saja, anda terjatuh pada posisi yang kurang tepat karena kurangnya dorongan dan tentu saja ini dapat menyebabkan cedera, terutama pada bagian leher anda.

senam lantai roll depan merupakan salah satu jenis senam yang banyak dilakukan. Tentu anda tetap harus melakukannya dengan trik yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *