Fungsi Senam Hamil 6 Bulan Keatas Bagi Kesehatan Tubuh Ibunda

Sebenarnya mengapa banyak orang-orang di sekitar Anda yang menyarankan untuk melakukan senam ketika tengah hamil dan memasuki bulan yang riskan seperti melakukan senam hamil 6 bulan ke atas? Ternyata ada alasan khusus mengapa para Ibunda disarankan untuk melakukan kegiatan ini. Salah satu unsur utama mengapa senam banyak dilakukan oleh Ibu hamil adalah agar menjaga kesehatan tubuh serta agar membantu proses persalinan yang akan Anda alami bulan-bulan berikutnya.

Fungsi Senam Hamil untuk Ibu Hamil

Melakukan senam ini tidak saja mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat melainkan juga menjaga agar posisi tubuh bayi berada pada posisi yang tepat. Anda tentu pernah mendengar seorang Ibu memiliki kandungan dengan posisi bayi yang miring atau sungsang. Nah, kondisi seperti ini bisa Anda hindari dengan cara melakukan kegiatan senam khusus seperti ini. Beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari melakukan kegiatan ini adalah melatih otot-otot tubuh agar menjadi lebih rileks sehingga ketika proses persalinan tiba tubuh Anda telah siap.

Perasaan tegang yang biasanya muncul ketika kontraksi terjadi seringkali membuat tubuh berekasi menjadi tegang pula. Hal ini bisa mempengaruhi proses bersalin Anda. Salah satu akibatnya adalah rasa sakit yang muncul pada saat melahirkan. Agar Anda tidak perlu merasakan sakit yang berlebihan, atau istilahnya agar Anda mampu melahirkan dengan nyaman tanpa mengalami rasa sakit adalah dengan cara melakukan Senam hamil 6 bulan ke atas ini.

Selain dari segi kesiapan tubuh, senam ini bisa membuat kondisi psikis atau mental Ibunda menjadi lebih siap. Anda bisa menjalani proses bersalin secara normal tanpa perlu mengalami rasa sakit yang berlebihan. Lantas adakah teknik-teknik khusus untuk melakukan senam bagi Ibu hamil? Ada beberapa teknik yang umumnya dilakukan oleh Ibu hamil. Senam ini biasanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kandungan berusia 6 hingga 9 bulan. Senam ibu hamil 9 bulan bisa dilakukan dengan cara bersila, berbaring, dan merangkak.

Macam Posisi Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil 8 bulan bisa dilakukan dengan posisi bersila. Posisi ini merupakan salah satu posisi yang banyak digemari dan populer. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pemanasan. Pemanasan sangatlah penting karena membantu tubuh Anda untuk siap. Anda dapat mengatur ritme pernapasan Anda secara perlahan. Kemudian, duduklah di atas mantras yang empuk dengan posisi bersila. Posisi punggung Anda haruslah tegak. Lalu bukalah telapak tangan Anda dan arahkan ke depan secara lurus hingga menyentuh ke lantai.

Saat Anda berada dalam posisi ini, aturlah nafas secara teratur dengan tarikan yang dalam dan rileks. Posisi ini dilakukan selama beberapa saat. Kemudian angkat kembali kedua tangan Anda dalam turunkan posisi tangan Anda kembali ke atas paha. Gerakan ini juga dilakukan dengan sembari melakukan gerakan rileks menarik dan melepaskan udara melalui mulut dengan perlahan. Gerakan yang mudah dilakukan ini bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki usia kandungan 6 bulan atau lebih. Anda juga bisa melakukan senam hamil 6 bulan keatas dengan cara berbaring atau merangkak.

Senam hamil 6 bulan ke atas dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan beberapa posisi seperti posisi bersila yang sangat populer. Senam ini mampu membantu persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *