Pembagian Gerakan Senam Skj 96

Siapa yang tidak kenal dengan senam yang satu ini. Ya, senam kesehatan jasmani atau SKJ merupakan salah satu senam legend yang diwajibkan pada masa orde baru. Senam ini mulai di kenalkan di Indonesia sekitar tahun 1980an. Nah, senam SKJ ini merupakan salah satu senam yang wajib dilakukan oleh siswa sekolah negeri dan swasta untuk menjaga kesehatan mereka. Salah satu yang paling terkenal adalah senam SKJ 96. Ada beberapa pembagian gerakan senam ini yang sebaiknya anda tahu. Apa saja?

Pemanasan

Untuk gerakan senam SKJ 96 yang pertama, tentu saja anda harus melakukan pemanasan. Nah, dalam pemanasan ini, ada beberapa prioritas gerakan yang harus anda lakukan, seperti jalan ditempat yang bertujuan untuk melemaskan otot kaki anda. Selain itu, ada pula gerakan kepala yang gerakan ini meliputi gerakan menoleh ke kiri dan kanan lalu memutar kepala. Tujuan gerakan ini adalah melemaskan otot leher. Gerakan pemanasan lanjut ke gerakan bahu dengan memutar bahu hingga 360 derajat. Selain bahu, gerakan punggung juga merupakan salah satu gerakan wajib pada masa pemanasan.

Gerakan peralihan

Setelah beberapa gerakan pemanasan sebagaimana dijelaskan diatas, anda lalu melakukan gerakan peralihan. Nah, seperti namanya, gerakan ini berfokus pada perpindahan dari posisi senam sebelumnya. Beberapa fokus gerakan ini seperti gerakan maju, mundur, kesamping dan juga tepuk tangan. Untuk gerakan senam sendiri, tersedia beragam variasi yang dapat anda lakukan. Akan tetapi, fokus gerakan peralihan adalah pada otot anggota gerak tubuh, seperti tangan dan juga kaki. Nah, pada beberapa gerakan senam SKJ 96 ini, tentu otot yang sudah lemas akan memudahkan gerakan peralihan yang akan anda lakukan.

Gerakan inti

Setelah gerakan peralihan berakhir, maka anda akan disuguhkan dengan beberapa gerakan inti senam SKJ 96 yang bervariasi. Ada beberapa gerakan inti dari senam SKJ ini, seperti gerakan untuk meluruskan keseluruhan tangan lalu menekuknya. Gerakan ini dilakukan untuk menguatkan otot tangan anda. Selain itu, anda juga akan melakukan beberapa gerakan kombinasi pada bagian kaki anda, terutama untuk melatih keseimbangan tubuh. Gerakan lain yang disarankan adalah gerakan mengayunkan tangan, yang dilakukan seperti orang yang memanah dan lainnya.

Nah, dengan beberapa pembagian gerakan tersebut, dapat kita lihat bahwa senam SKJ 96 merupakan salah satu senam yang sistematis yang tentu saja akan memberikan beragam manfaat bagi kesehatan anda. Setelah gerakan inti, ada tambahan gerakan pelemasan untuk mendinginkan otot. Gerakan ini terfokus pada gerakan pelan di beberapa anggota gerak tubuh. Senam SKJ sangat digemari karena di iringi dengan music yang mendukung gerakannya. Anda tentu masih bisa menembukan beberapa kaset senam SKJ sampai hari ini.

senam SKJ 96 merupakan salah satu senam yang sangat digemari sejak jaman dulu. Nah, lakukan senam ini untuk menjaga kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *