Pengertian Senam Lantai Adalah Secara Umum

Senam Lantai Adalah salah satu senam yang melakukan beberapa gerakan diatas matras. Senam ini terdiri dari latihan bebas serta tidak menggunakan benda atau alat. Selain itu, senam ini mempunyai beragam jenis serta manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda dapat melakukan senam ini sendiri di rumah baik dengan instruktur ataupun tanpa instruktur.

Senam Lantai Adalah: mengetahui beragam jenis senam lantai

Salah satu jenis senam lantai yang paling banyak dilakukan adalah forward roll atau guling depan. Dalam pengertian umum Senam Lantai Adalah, guling ke depan merupakan gerakan berguling ke depan yang melewati bagian belakang badan dimulai dari tengkuk. Kemudian punggung, pinggang, serta panggul bagian belakang. Untuk cara melakukannya bisa dilakukan dengan melakukan sikap permulaan terlebih dahulu yaitu jongkok dengan posisi telapak tangan yang menumpu pada matras. Tariklah dagu ke arah dada kemudian letakkan tengkuk di matras. Luruskan tungkai badan dengan posisi condong ke depan. Mulailah mengguling ke depan yang dimulai dari tengkuk, punggung, serta kaki yang mengikuti gerakan badan. Gerakan terakhir adalah mencoba untuk bangun kemudian berdiri.

Senam lantai yang selanjutnya yaitu backward roll atau guling belakang. Langkah-langkah dari salah satu Senam Lantai Adalah ini diawali dengan jongkok dan menekuk kedua siku tangan menghadap ke atas tepatnya di dekat telinga, dagu serta lutut yang kemudian di tarik ke arah dada. Gulingkan badan ke belakang hingga bagian bahu menyentuh matras, dagu dan lutut tetap mendekati dada serta telapak tangan tetap berada di dekat telinga. Pastikan bahu dan kedua telapak tangan menuju matras. Gerakkan kaki untuk dijatuhkan ke arah belakang kepala. Jatuhkanlah ujung kaki ke arah belakang kepala. Dorong lengan ke bagian atas kemudian jongkok dengan posisi lengan lurus ke depan.

Saat melakukan backward roll, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Salah satunya yaitu menempatkan tangan yang terlalu jauh di belakang. Hal ini adalah salah satu sikap yang salah seperti yang disebutkan di definisi singkat Senam Lantai Adalah. Kesalahan selanjutnya yaitu keseimbangan tubuh yang kurang baik ketika berguling ke belakang. Biasanya, hal ini disebabkkan oleh sikap tubuh yang kurang tepat.

Salah satu tangan yang bertumpu kurang kuat atau tidak menggunakan telapak tangan saat bertumpu diatas matras juga merupakan kesalahan yang familiar dilakukan. Dalam Senam Lantai Adalah, disebutkan juga bahwa posisi berguling yang kurang sempurna termasuk kesalahan dalam senam lantai. Biasanya, hal ini dilakukan karena kepala yang menoleh diatas matras. Keseimbangan yang tidak terjaga serta oleng, karena mendarat dengan menggunakan bagian lutut yang seharusnya menggunakan telapak kaki. Itulah beberapa kesalahan yang sebaiknya harus dihindari saat melakukan senam lantai karena dapat menimbulkan cidera.

Senam Lantai Adalah senam yang terdiri dari gerakan-gerakan bebas namun tetap harus berhati-hati saat melakukannya karena jika salah dapat menyebabkan cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *