Senam Lantai Disebut Juga Floor Exercise, Senam Yang Cukup Populer

Senam lantai adalah salah satu jenis senam yang sangat populer khususnya bagi penyelenggaraan secara masal yang bisa diikuti oleh ratusan bahkan ribuan peserta dan dilakukan dengan bersama-sama. Senam Lantai Disebut Juga floor exercise terdiri dari gerakan-gerakan yang bisa diikerjakan secara seragam serta membentuk formasi-formasi tertentu yang mengesankan dan menarik. Dalam definisi Senam Lantai Disebut Juga floor exercise, disebutkan bahwa olahraga ini umumnya dilakukan di pagi hari dan dapat dikatakan sebagai jenis olahraga yang mudah dan murah meriah karena tidak membutuhkan alat-alat yang olahraga yang terbilang cukup mahal.

Senam Lantai Disebut Juga floor exercise dan macamnya

Senam lantai sendiri dibagi menjadi dua yakni yang menggunakan alat dan tanpa alat. Sebagai informasi, senam merupakan salah satu jenis olahraga yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah dalam rangka pembangunan sektor sumber daya manusia. Sesuai dengan pengertian Senam Lantai Disebut Juga floor exercise, jenis senam yang satu ini terdiri dari gerakan yang dilakukan diatas dengan permadani atau matras sebagai alas. Disamping itu, senam lantai disebut juga dengan istilah bebas. Saat melakukan senam lantai tanpa alat, unsur gerakan terdiri dari melompat di udara menumpu dengan dua kaki atau tangan yang berfungsi untuk mempertahankan sikap seimbang saat melompat ke belakang atau ke depan, mengguling, dan lain sebagainya.

Senam Lantai Disebut Juga floor exercise menggunakan alat

Salah satu jenis senam lantai yang menggunakan alat adalah berguling ke depan diatas peti lompat. Metode dari Senam Lantai Disebut Juga floor exercise ini bisa dilakukan dengan berguling ke depan yang dilanjutkan dengan meletakkan kedua tangan yaitu bagian tengkuk kemudian meluruskan kedua kaki hingga punggung condong ke depan. Lakukan sikap tidur diatas matras, angkatlah kedua kaki lurus keatas dengan cepat dan jatuhkan kembali. Bengkokkan lutut hingga ujung kaki mendarat ke lantai. Bersamaan dengan gerakan ini, angkatlah panggul hingga seakan-akan sikap akan melenting.

Selanjutnya, teknik yang dilakukan untuk gerakan tersebut adalah dengan mengambil awalan dengan lari secepatnya. Saat mendekati peti lompat, anda bisa menolak dengan menggunakan ujung kaki yang dibantu dengan ayunan lengan ke atas yang menuju ke permukaan peti lompat. Arahkan kedua tangan ke permukaan peti lompat tersebut dengan posisi lurus. Saat sudah menempel di peti lompat, anda bisa melakukan gerakan berguling ke depan seperti teknis saat berguling ke depan di matras. Anda dapat mendarat dengan menggunakan kedua kaki pada matras.

Gerakan yang selanjutnya adalah melompat jongkok yang dilakukan di atas peti lompat. Metode untuk gerakan ini adalah melakukan tolakan dengan menggunakan kedua kaki secara benar. Di samping itu, metode lain dari gerakan pada Senam Lantai Disebut Juga floor exercise yaitu melompat diatas peti dan bertumpu pada kedua tangan kemudian memindahkan kedua kaki dari depan ke belakang peti lompat.

Senam Lantai Disebut Juga floor dibagi menjadi dua, senam lantai menggunakan alat dan tanpa alat. Senam ini bisa dilakukan dirumah dengan beralaskan matras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *