Tutorial Gerakan Senam Hamil 6 Bulan Dirumah

Senam Hamil 6 Bulan Dirumah tentunya harus rutin dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh serta posisi bayi yang benar di dalam kandungan. Hal ini tentunya akan memudahkan proses persalinan nantinya. Senam ini juga berguna supaya para ibu hamil masih bisa beraktivitas seperti biasanya karena gerakan senam ini dapat melancarkan metabolism ibu yang sedang hamil sehingga mereka akan lebih segar dan bertenaga. Gerakan-gerakan senam untuk para ibu hamil biasanya dirancang dengan tujuan melatih otot-otot yang berhubungan dengan proses persalinan tentunya agar persalinan tidak berlangsung terlalu tegang. Selain itu, senam tersebut juga bermanfaat untuk menyiapkan mental para ibu hamil sehingga dapat lebih rileks serta melatih pernapasan supaya bisa mendorong bayi keluar dari kandungan dengan kuat.

Gerakan Senam Hamil 6 Bulan Dirumah dengan duduk bersila

Sebelum melakukan senam, sebaiknya para ibu hamil melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan mengatur pernapasan supaya pembakaran metabolism dapat lebih baik nantinya dengan adanya kadar oksigen yang cukup. Tutorial Senam Hamil 6 Bulan Dirumah dapat dilakukan dengan cukup mudah. Untuk melakan senam ini, anda membutuhkan matras empuk sebagai alas. Duduklah diatas matras tersebut dengan punggung tegak dan kaki bersila. Letakkanlah kedua tangan disamping kiri dan kanan tubuh secara lurus dan telapak tangan dibuka dan menekan lantai. Tahan posisi tersebut dalam beberapa menit sambil mengambil nafas dalam-dalam kemudian dilepaskan melalui mulut. Angkat kedua tangan keatas sambil menarik nafas dan turunkan tangan bersamaan dengan membuang nafas melalui mulut.

Gerakan Senam Hamil 6 Bulan Dirumah dengan posisi berbaring

Gerakan ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot panggul serta melatihnya supaya tidak tegang ketika berkontraksi saat proses persalinan. Posisi ini juga dapat membantu ibu hamil supaya lebih rileks dan menjadi terbiasa nantinya ketika tiba waktu persalinan. Untuk gerakan dari Senam Hamil 6 Bulan Dirumah yang satu ini bisa dilakukan dengan berbaring diatas matras serileks mungkin kemudian angkat kaki lurus keatas. Jika dirasa perlu, anda dapat menyandarkan kaki ke tembok. Tahanlah posisi tersebut sambil mengatur nafas saat melakukan pemanasan. Lakukanlah gerakan ini bergantian dengan kaki yang satunya.

Gerakan Senam Hamil 6 Bulan Dirumah dengan posisi merangkak

Ada dua macam posisi Senam Hamil 6 Bulan Dirumah untuk gerakan yang satu ini yaitu dengan menekuk kepala ke bawah serta mengangkat satu tangan dan satu kaki. Ambil posisi merangkak dengan siku dan punggung yang lurus. Sambil mengatur nafas, tekuklah kepala ke bawah dengan pandangan ke perut kemudian angkat secara berulang-ulang. Posisi kedua yaitu dengan mengangkat tangan kanan lurus dan kaki kiri tahan selama 8 hitungan. Lakukan posisi ini secara bergantian. Fungsi dari posisi ini adalah meningkatkan kekuatan otot panggul.

Meskipun sudah memasuki usia kehamilan 6 bulan dan perut yang semakin membesar, bukan berarti ibu hamil tidak boleh melakukan aktivitas karena takut terjadi masalah pada kandungannya. Sebaliknya, seorang ibu hamil harus tetap berenergi dan fit yang salah satunya dengan melakukan Senam Hamil 6 Bulan Dirumah. Hal ini supaya kesehatan ibu hamil dapat terjaga dengan optimal serta proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Senam Hamil 6 Bulan Dirumah bertujuan untuk melatih otot-otot yang berhubungan dengan persalinan. Gerakan senam ini cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *