Senam Chikung 99 Terapi Pernapasan Yang Sudah Populer Di Indonesia

Senam chikung 99 atau juga disebut dengan senam pernafasan berasal dari tiongkok yang kini hadir di Indonesia. Beberapa orang sudah mengenal senam chikung 99 dan senam ini memerlukan teknik khusus yang berbeda dari olahraga lainnya. Di Cina, chikung dikenal sebagai terapi yang unik dan sudah populer selama ribuan tahun, dan pada zaman dahulu terapi kesehatan ini dirahasiakan dan hanya digunakan oleh kalangan kaisar dan bangsawan saja

Senam chikung 99 ini diyakini dapat mengatasi turunnya vitalitas kaum pria dan mampu menyembuhkan penyakit, karena kerangka tulang tubuh seorang laki-laki terdiri atas 206 tulang besar dan tulang kecil. Sebagian besar peminat senam chikung 99 adalah pria dewasa yang usianya sekitar 35 sampai 65 tahun. Senam ini pada dasarnya sama dengan senam tai chi atau latihan pengaturan pernapasan. Hanya bedanya yaitu chikung 99 peserta dilatih untuk memaksimalkan dan sekaligus menguatkan alat vitalnya pada pria. Menurut para peserta yang sudah mengikuti senam ini, seluruh peserta mampu mengangkat dan mengayunkan barbel seberat 25 kilogram melalui alat vitalnya selama kurang lebih 3 menit

Manfaat Senam Chikung 99

Senam Chikung merupakan perpaduan ilmu pernapasan dengan suatu metode latihan untuk menghasilkan kesehatan tubuh yang efektif dan juga cepat. Ilmu pernafasan senam chikung 99 ini berdasarkan ilmu suci sum-sum tulang yang merupakan rahasia tiongkok dari zaman dahulu. Senam ini berfokus pada pembersihan sum-sum tulang belakang dengan pernafasan, dan dibantu dari sendi-sendi tulang belakang. Semakin tua, maka kelenturan ulang rawan pada piringan sel tulang punggung akan semakin menurun dan akan berdampak pada sirkulasi energi dan organ dalam. Hal inilah yang menyebabkan orang menjadi mudah lelah, dan organ vital pun juga kurang perkasa, dan juga bisa terjadi pembengkakan prostat. Senam ini mampu mengoptimalkan tubuh dengan memanfaatkan energi chi. Karena keseimbangan chi sangat penting dalam menstabilkan sistem pencernaan, pernapasan, sendi, dan peredaran darah sehingga stamina tubuh bisa kembali optimal walaupun usia sudah lanjut.

Dengan senam chikung 99 yang teratur maka peredaran darah menjadi lancar, organ di dalam tubuh seperti jantung, hati, paru-paru dan ginjal akan mendapatkan energi melalui oksigen, sehingga tetap awet. Senam ini juga berguna untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh, termasuk juga hormon yang berpengaruh terhadap penampilan kulit dan rambut seperti hormon testosteron dan estrogen. Dan apabila kekurangan hormon tersebut maka kulit akan menjadi keriput dan kasar

Senam chikung 99 bila dilakukan secara rutin akan menjadikan tubuh anda menjadi sehat dan tulang pun akan kuat. Senam chikung merupakan senam kesehatan yang komplit dan sebagai solusi kesehatan anda.

Senam Ibu Hamil 5 Bulan Yang Penting Bagi Kesehatan

Kadang ibu hamil pada usia kehamilan 5 bulan ini masih ada yang mengeluhkan seperti mual dan rasa nyeri di bagian tubuh lainnya dan pada usia 5 bulan perkembangannya sangat signifikan, maka dari itu perlu melakukan senam ibu hamil 5 bulan. Karena pada masa ini janin sudah bisa menggunakan panca inderanya. Apabila janin merasakan sesuatu pasti akan mulai bergerak-gerak. Perkembangan bayi sudah mencapai 7 inci, dan akan terus berkembang seiring dengan waktu. Begitu pula pada tubuh ibu, tubuh ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sehingga dalam melakukan aktifitas agak terasa berat. Beban yang ada di perut akan menyebabkan sakit pinggang atau nyeri pada kaki. Ibu hamil tidak dianjurkan melakukan aktivitas ataupun pekerjaan yang terbilang berat, karena hal ini akan menambah rasa sakit pada punggung dan akan berdampak pada kesehatan ibu dan bayinya. Selain itu ada beberapa ibu yang mengeluhkan stress pada masa kehamilan ini, mungkin hal itu dipicu oleh rasa jenuh atau bosan karena aktivitas sehari-harinya hanya monoton. Selain itu bayangan waktu persalinan pun membuat para ibu stress dan diselimuti oleh rasa takut

Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa melakukan senam ibu hamil 5 bulan. Senam untuk ibu hamil tidak seperti senam pada umumnya, tetapi senam yang khusus untuk ibu hamil, yang fungsinya meredakan keluhan-keluhan yang ada di atas.

Jenis olahraga untuk ibu hamil 5 bulan

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sederhana yang paling penting dilakukan oleh ibu hamil. Karena olahraga jalan kaki ini dapat memperlancar peredaran darah dan membuat ibu tetap fit dalam menjalani kehamilan. Untuk lama waktu jalan kaki ini sekitar 30 menit saja.

Senam Hamil

Senam hamil memiliki banyak gerakan dan setiap gerakannya disesuaikan dengan usia kehamilan. Senam hamil juga mempunyai banyak manfaat salah satunya untuk memperlancar proses persalinan.

Senam Yoga

Senam yoga hampir sama dengan dengan meditasi karena gerakannya mengandung unsur relaksasi. Tehnik relaksasi dapat dilakukan dengan menarik nafas secara dalam kemudian ditahan sekitar 3 detik lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut. Hal ini berfungsi untuk membuat pikiran ibu hamil menjadi rileks, sehingga terhindar dari stress dan rasa sakit pada punggung.

Berenang

Jenis olahraga ibu hamil yang terakhir adalah berenang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh pada ibu hamil.

Senam ibu hamil 5 bulan diusahakan saat melakukannya didampingi oleh suami ataupun anggota keluarga yang lain, yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Senam ibu hamil 5 bulan memang sudah diperlukan, dengan gerakan gerakan yang simple tetapi manfaatnya besar sekali. Semoga bisa membantu anda dalam melakukan senam hamil ini.

Senam Ibu Hamil 5-6 Bulan Yang Bermanfaat Ibu Dan Bayi

Apabila anda seorang wanita yang sedang hamil , maka tidak ada alasan untuk malas gerak. Adapun senam ibu hamis 5-6 bulan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Dalam kondisi apapun kalau olahraga sebaiknya tetap dilakukan agar metabolisme juga lancar. Olahraga untuk ibu hamil dengan wanita biasa memang berbeda. Olahraga sangat penting karena bermanfaat untuk melatih otot di seputar panggul pra persalinan.

Manfaat Senam Hamil 5-6 bulan

Senam ibu hamil 5-6 bulan mempunyai berbagai macam manfaat bagi ibu hamil dan janinnya, adapun manfaat yang diperoleh antara lain :

     Senam ibu hamil ini bermanfaat sebagai olahraga fisik agar ibu hamil tidak mengalami kelebihan berat badan yang bisa meningkatkan jumlah resiko diabetes.

     Gerakan senam dirancang untuk melatih otot-otot yang nantinya akan berhubungan dengan persalinan agar tidak terlalu tegang.

     Senam juga berguna agar kesiapan mental saat persalinan nanti lebih rileks dan juga dapat melatih pernapasan agar dapat mendorong bayi keluar dengan kuat

     Saat usia kandungan mencapai 5 sampai 6 bulan biasanya mengalami nyeri punggung dan kaki, maka senam ini bisa meredakan dan merelaksasikan punggung dan kaki yang pegal.

Cara senam Ibu Hamil 5-6 Bulan

Cara senam ibu hamil 5-6 bulan bisa anda lakukan di rumah dengan perlengkapan dan gerakan yang sederhana tetapi juga bisa dilakukan di bawah pengawasan instruktur ahli agar gerakannya lebih aman dan maksimal. Sebelum melakukan gerakan senam sebaiknya melakukan pemanasan dengan mengatur pernapasan agar pembakaran metabolismenya lebih baik dengan kadar oksigen yang cukup.Berikut ada beberapa gerakan sederhana untuk senam hamil :

  1. Pertama ambilah posisi di atas matras kasur dengan kaki bersila, lalu tegakkan punggung dan letakkan kedua tangan dikedua lutut layaknya orang yang sedang bermeditasi. Lalu tahan beberapa saat sambil mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya melalui mulut. Lalu angkat kedua tangan sambil menarik napas kemudian turunkan tangan sambil membuang napas melalui mulut.
  2. Apabila latihan nafas telah selesai maka kaki diselonjorkan ke depan dengan tumpuan tangan yang diletakkan di belakang secara bergantian , angkat kaki ke atas, lalu ke samping.
  3. Setelah itu atur posisi tubuh sedang merangkak dengan posisi kepala dan punggung dan pantat yang sejajar dan turunkan kepala hingga bisa melihat perut sambil mengatur nafas.
  4. kemudian ambil posisi berbaring dengan posisi tubuh miring. Pakailah bantal untuk kepala dan perut agar lebih nyaman . Kedua kaki ditekuk ke arah perut lalu lepaskan perlahan.

Ibu hamil sebisa mungkin harus bisa menjaga kandungannya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Menjaga kandungan bukan hanya berdiam diri di rumah, tetapi sebaiknya ibu hamil tetap melakukan aktivitas , salah satunya adalah senam ibu hamil 5-6 bulan.

Senam ibu hamil 5-6 bulan memberikan efek positif bagi ibu hamil yang sedang mengandung bayinya agar senantiasa ibu dan bayinya tetap sehat.

Gerakan Senam Hamil 8 9 Bulan Yang Sederhana Namun Bermanfaat

Usia kehamilan yang telah menginjak trisemester terakhir tentunya menjadikan masa yang menegangkan bagi ibu hamil untuk menghadapi hari kelahiran sang buah hati. Untuk mengurangi rasa ketegangan, ibu bisa mencoba senam hamil. Disisi lain dengan menjalani senam hamil, tentunya ibu akan lebih siap menghadapi hari kelahiran. Dengan demikian ibu memiliki persiapan matang supaya proses kelahiran bisa berlangsung lancar dan aman. Disisi lain senam hamil pada usia kandungan pada trisemeseter ketiga juga memiliki manfaat tersendiri. Dengan melakukan senam hamil 8 9 bulan, otot-otot yang digunakan saat kelahiran menjadi lebih lentur. Manfaat lainnya, senam hamil akan melatih pernafasan dan menjaga kondisi kesehatan ibu hamil tetap fit dan segar. Tidak hanya itu, bagi ibu hamil yang melakukan senam hamil ini juga bisa membantu memposisikan janin pada posisi yang benar. Mengingat banyak kasus pada ibu hamil, yang posisi janinnya susang atau belum berada dipanggul. Sehingga proses persalinannya harus dilakukan dengan cara caesar. Tentunya ibu-ibu yang tengah hamil memilih proses melahirkan secara normal bukan. Nah simak beberapa panduan senam hamil trisemester tiga.

Gerakan-gerakan senam ibu hamil

Gerakan senam hamil yang pertama ini, bisa ibu lakukan di matras agar terasa lebih nyaman. Kemudian duduklah bersila, usahakan punggung dalam kondisi tegak lalu letakkan kedua tangan dipaha. Ibu bisa melakukan gerakan seperti sedang yoga, dimana sebisa mungkin untuk rileks dan berkonsentrasi. Selanjutnya tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan melalui mulut. Usahakan lakukan dengan sesantai mungkin. Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 5 hingga 10 detik Tujuan dari gerakan dan posisi ini adalah untuk menguatkan otot disekitar area otot rahim, kandung kemih, uretra dan rektum.

Senam hamil 8 9 bulan yang bisa dilakukan dirumah selanjutnya adalah posisi kan tubuh ibu dengan posisi jongkok. Selanjutnya tempelkan kedua telapak tangan didepan dada dengan posisi tangan seperti orang bersemedi, tahan posisi tersebut selama 5 hingga 10 detik kemudian bangun ke posisi tubuh berdiri, dan lakukan hingga sebanyak kurang lebih 5 kali. Tujuan dari gerakan dan posisi tersebut ialah membantu menguatkan otot paha. Disisi lain juga mampu meregangkan otot-otot panggul ibu hamil, yang mana akan mempermudah proses persalinan.

Gerakan senam lainnya yang bisa dilakukan ibu hamil adalah dengan melakukan gerakan senam dengan cara mensejajarkan punggung dengan kepala. Posisi tersebut memang seperti gerakan akan merangkak. Ibu bisa melakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Lakukan gerakan ini kurang lebih selama 10 hingga 20 detik. Dengan melakukan gerakan tersebut, ibu akan merasakan lebih rileks, dan tentunya juga mampu meringankan sakit pinggang setelah menahan beban diperut selama seharian.

Demikianlah beberapa gerakan senam hamil 8 9 bulan yang telah dijelaskan secara ringkas diatas. Tentunya ibu bisa mengikutinya dirumah disela-sela kegiatan. Selain itu gerakan senam hamil usia kandungan 9 bulan diatas juga tidak membutuhkan berbagai alat bantu, sehingga cukup praktis dilakukan setiap hari guna mempersiapkan proses kelahiran sang buah hati.

senam hamil 8 9 bulan ini dapat dilakukan oleh ibu hamil dirumah disela-sela kegiatan, selain itu senam ini juga memiliki manfaat yang positif demi menghadapi proses kelahiran sang buah hati

Mari Kenali Senam 312 Yang Menyehatkan

Menjaga kesehatan tubuh memang perlu dilakukan untuk menghindari penyakit yang berbahaya. Untuk menjadikan tubuh tetap sehat, perlu dilakukan menjaga pola makan yang sehat. Dimana asupan makan sehari-hari tentunya perlu seimbang. Tidak hanya itu makan teratur pun perlu silaku

kan setiap harinya. Disisi lain, untuk menjaga kebugaran tubuh, manusia juga membutuhkan pola istirahat yang cukup dan teratur. Pasalnya ketika manusia terlalu sering bergadang atau tidur kurang dari 9 jam per malam juga akan menganggu kinerja organ tubuh. Dimana pada akhirnya juga akan membuat tubuh menjadi kurang fit. Dalam jangka panjang juga akan meperburuk kinerja jantung. Selain beberapa langkah dalam menjaga kesehatan tubuh tersebut, manusia juga membutuhkan olahraga secara teratur. Dimana jenis olahraga yang dilakukan pun tidak perlu terlalu berat. Melainkan asal rutin dengan waktu yang cukup, berbagai jenis olahraga apapun bisa menunjang kesehatan tubuh menjadi tetap sehat dan segar. Salah satunya adalah dengan melakukan senam 312. Tentunya banyak yang belum mengetahui mengenai apa itu senam 312? Dan apa manfaat senam 312 tersebut? Nah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut silahkan simak ulasan berikut ini

Pengertian senam 312

Senam 312 ini merupakan senam yang yang mengadopsi dari teknik akupuntur. Dimana akupuntur memang merupakan salah satu pengobatan tradisional dari China yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit ataupun membuat tubuh menjadi semakin sehat. Senam 312 ini dimaksudkan adalah 3 yang mewakili titik akupuntur yaitu He Gu, Ne Guan dan Zhu San Li. Sedangkan 1 merupakan pernapasan perut, selanjutnya 2 adalah senam yang memfokuskan pada kekuatan kaki. Ketiga cara tersebut bertujuan untuk melatih seluruh saraf ditubuh. Disisi lain senam 312 ini juga bisa bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit serta menyehatkan badan sehingga menjadikan usia panjang umur. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai 3 pemijatan pada 3 titik akupuntur tersebut.

Dalam melakukan senam 312 ini, langkah pertama adalah mencari titik akupuntur yang pertama yaitu titik He GU, yaitu dengan mengangkat telapak tangan kiri didepan dada. Posisi jarinya ibu jarinya dibuka menjauh dari empat jari yang disatukan. Kemudian dengan ibu jari tangan kanan, pijatlah bagian antara ibu jari dengan empat jari yang dirapatkan.kemudian balikkan tangan kanan dan lakukan penekanan pada titik He Gu tersebut sampai beberapa kali. Gerakan senam akupuntur 312 ini dapat meringankan dan menyembuhkan beberapa penyakit mimisan, sakit leher, pusing, demam dan sakit tenggorokan.

Selanjutnya gerakan senam 312 yang fokus pada titik akupuntur yang kedua yaitu ne guan. Titik akupuntur ini dapat ditemukan dengan jarak 3 jari dari dipergelangan tangan kiri. Dimana titilk akupuntur ne guan tersebut terletak diantara kedua nadi. Lakukan pemijitan pada titik ne guan tersebut dengan frekuensi 2 detik sekali. Titik ne guan ini merupakan titik saraf jantung, sehingga dengan melakukan pemijatan ini dapat mencegah dan mengatasi beberapa masalah di jantung.

Gerakan senam 312 yang merupakan titik akupuntur yang ke tiga adalah Zhu San Li. Dimana titik ini dapat ditemukan di kaki kiri di bawah tulang tempurung lutut yang terdapat tonjolon. Dimana tonjolan ini merupakan titik saraf lambung yang disebut titik akupuntur Dubi. sedangkan titik akupuntur Zhu San Li dapat ditemukan dengan meletakan empat jari tangan kanan, dan dibawah jari kelingking tersebut merupakan titik Zhu San Li. Kemudian pijatlah pada titik tersebut dengan menggunakan ibu jari tangan kanan setiap hitungan ke dua. Dengan melakukan pemijatan tersebut secara rutin dapat mengatasi sakit leher, radang hidung, sariawan, asma, darah tinggi, nyeri ulu hati, dan berbagai penyakit pada lambung.

senam 312 merupakan senam yang didasarkan pada teknik akupuntur yang mampu mengobati berbagai penyakit dengan melakukan pemijatan pada titik akupuntur tertentu.

Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Senam Diabetes 5

Memiliki tubuh yang sehat tentu saja merupakan salah satu keinginan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, tentu saja anda dapat melakukan aktivitas dengan lebih lancar dan baik. Akan tetapi, pola konsumsi yang berbeda dan gaya hidup yang terkadang tidak sehat menyebabkan beragam gangguan kesehatan, terutama masalah berat badan, yakni diabetes. Nah, kita akan membahas salah satu cara pencegahan gangguan tubuh ini, yakni dengan melakukan Senam Diabetes 5. Nah, simak beberapa hal penting terkait senam ini.

Manfaat senam diabetes

Sebenarnya, Senam Diabetes merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama bagi anda yang memiliki masalah pada berat badan anda. Nah, senam ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan anda secara efektif. Masalah berat badan seringkali membuat wanita menjadi kurang percaya diri dan dengan melakukan senam ini, masalah diabetes dapat di atasi dengan lebih maksimal. Keringat yang keluar dari senam dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh dan menghilangkan racun serta membakar lemak. Dengan senam yang teratur, tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Hal penting yang harus diperhatikan

Nah, selain melakukan senam secara teratur, tentu saja ada beberapa hal penting yang senantiasa anda perhatikan untuk mendapatkan hasil senam yang maksimal. Untuk mengukur kesuksesan Senam Diabetes 5, anda tentu saja harus mengecek kadar gula darah sebelum dan sesudah melakukan senam. Selain itu, jangan pernah melakukan senam pada saat kondisi insulin yang berada pada level tertinggi. Disisi lain, buatlah jadwal sesuai dengan waktu luang anda.

Untuk sesi latihan, tentu ada beberapa pembagian gerakan yang harus secara cermat harus anda perhatikan. Nah, dalam hal ini, setidaknya anda harus melakukan gerakan pemanasan selama 5 menit. Gerakan pemanasan ini sangat penting untuk melemaskan otot pada tubuh serta untuk mencegah dari cedera yang mungkin terjadi. Setelah pemanasan, mulailah latihan dengan beberapa menu ringan, seperti jalan, jogging dan juga aerobic. Nah, untuk lanjutan Senam Diabetes, lakukan peregangan bagian tubuh untuk membakar lemak dan diakhiri dengan gerakan pendinginan.

Hal lain yang penting

Perlu di tekankan bahwa Senam Diabetes 5 adalah hanya merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah diabetes yang sedang anda derita. Dalam hal ini, tentu saja untuk mendapatkan hasil maksimal dan tubuh bebas dari diabetes, anda tidak cukup hanya melakukan senam saja. Dalam hal ini, anda juga harus memperhatikan hal lain, terutama pola asupan makanan anda. Batasi makanan yang mengandung zat gula terlalu tinggi. Selain itu, konsumsi air putih lebih banyak untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Periksa kondisi anda pada dokter ahli secara berkala.

Senam Diabetes 5 merupakan salah satu cara pencegahan dan pengobatan diabetes yang cukup mudah dan menyenangkan.

Menuju Sehat Dengan Senam SKJ 94

Senam SKJ adalah salah satu senam yang di era 80an hingga 90an sangatlah digemari, bahkan menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan secara serentak hingga taraf nasional, senam ini pada masanya memiliki beberapa tipe yang disesuaikan dengan tahun peresmiannya seperti Senam SKJ 94 ini. Senam SKJ pada dasarnya merupakan singkatan dari senam kesegaran jasmani yang pertama kali diresmikan sebagai salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari segala kalangan. Senam ini populer di masa orde baru atau masa kepemimpinan Presiden kedua Indonesia, Soeharto.

Pengertian Senam SKJ

Pengertian senam kebugaran ini adalah senam yang dilakukan secara massal atau bersama-sama yang dibagi menjadi tiga sesi yakni pemanasan, inti, dan pendinginan. Senam ini nampak unik karena selalu menggunakan musik sebagai musik pengiring. Musik dan lagu yang dilakukan bukanlah sembarang lagu melainkan lagu-lagu daerah yang telah di aransemen. Lagu daerah yang digunakan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Umumnya lagu daerah yang dipilih adalah lagu yang telah populer yang hampir semua kalangan sudah mengetahui atau mengenalnya seperti Yamko Rambe Yamko, Jali Jali, Tanduk Majeng, Cing Cangkeling, Rasa Sayange, Paris Barantai, dan lain-lain.

Variasi Senam SKJ

Senam SKJ ini memiliki berbagai variasi dengan jenis gerakan yang berbeda- beda dan diiringi dengan musik yang berbeda pula. Salah satunya adalah senam SKJ 94. Senam ini memiliki gerakan yang diikuti dengan hitungan-hitungan tertentu mulai dari angka 1 hingga 8. Senam ini juga dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi pemanasan, inti, dan pendinginan. Durasi waktu untuk senam ini secara total mulai dari pemasanan, inti, hingga pendinginan berjumlah 30 menitan kurang lebih. Biasanya untuk pemasanan, dilakukan sekitar 12 menitan, lalu inti dilakukan dengan durasi yang jauh lebih lama sekitar 15 menitan hingga 20 menitan. Kemudian pendinginan dilakukan selama 5 hingga 7 menitan.

Selain variasi ini, masih ada jenis variasi lain seperti senam SKJ ’84, SKJ ’88, SKJ ’92, SKJ ’94, hingga senam SKJ ’96. Saat ini setelah beberapa puluh tahun lewat, senam ini masih banyak digemari bahkan hingga dibuatkan versi terbarunya seperti senam SKJ 2016. Senam terbaru ini masih menggunakan jenis gerakan-gerakan yang tidak jauh berbeda dengan senam SKJ sebelumnya. Gerakan-gerakan khas SKJ masih kental terlihat. Anda dapat mencari tahu bagaimana bentuk gerakan yang dilakukan secara lengkap dengan melihat instruksi melalui video yang banyak dirilis melalui jejaring sosial.

Manfaat Senam SKJ

Melakukan senam ini secara rutin tentu akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Senam yang dilakukan setidaknya selama 1 kali setiap minggu ini mampu memberikan kebugaran bagi tubuh. Selain itu gerakan yang lincah disertai dengan tepukan membuat tubuh kita menjadi lebih banyak bergerak. Tidak hanya itu saja, senam ini seringkali menggunakan gerakan yang membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi seperti gerakan menyamping kanan dan kiri sehingga mau tidak mau Anda harus fokus dan berkonsentrasi agar gerakan yang dilakukan tidak salah.

Meski senam ini memiliki beragam jenis variasi dengan bentuk gerakan yang berbeda dan lagu pengiring yang berbeda namun senam SKJ 94 merupakan salah satu jenis senam yang paling banyak digemari dan populer bahkan hingga saat ini. Anda bisa melakukan senam ini bersama dengan kolega, teman, keluarga atau masyarakat di sekitar Anda. Anda bisa menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan fit dengan cara melakukan gerakan senam ini dengan teratur.

Senam SKJ ’94 merupakan salah satu jenis senam yang populer yang masih digemari hingga saat ini. Senam ini memiliki tiga sesi yakni sesi pemanasanan, inti, dan pendinginan.

Pengertian Senam Lansia Dan Manfaatnya

Senam Lansia Adalah senam yang khusus dibuat dan dirancang untuk para lanjut usia. Gerakan senam ini berbeda dengan senam-senam lain pada umumnya karena menggunakan langkah-langkah yang jauh lebih mudah dan sederhana dengan tepukan-tepukan dan hitungan-hitungan yang mudah diingat. Senam ini sangat cocok untuk dilakukan oleh para lansia. Berikut ini adalah contoh gerakan senam yang disertai dengan penjelasan mengenai manfaat dari senam tersebut serta tujuan dari senam tersebut.

Langkah Gerakan Senam Lansia

Gerakan senam lansia pada umumnya dilakukan dengan gerakan yang sangat sederhana. Hal ini dilakukan agar stamina para lansia dan orang tua tidak mudah terkuras. Hal ini penting karena para lanjut usia notabene sudah tidak lagi bugar dan memiliki keterbatasan gerakan yang tidak lagi lincah seperti ketika masih muda dulu. Senam ini memiliki teknik gerakan yang begitu mudah yang berguna untuk melatih tubuh agar tetap berfungsi dengan baik khususnya bagian otot. Bagian-bagian tubuh yang digerakkan pada umumnya adalah tangan, kaki, dan juga pinggang.

Gerakan senam ini biasanya dilakukan dengan cara menggerakkan kaki dan tangan secara ringan diikuti dengan ketukan tertentu. Gerakan seperti melakukan jalan di tempat, tepukan-tepukan ringan, dan sautan yang diteriakkan merupakan beberapa komponen gerakan yang ada pada senam ini. Senam lansia adalah salah satu jenis senam yang direkomendasikan untuk para lansia. Senam ini dapat dilakukan setidaknya selama beberapa kali dalam kurun waktu satu minggu atau paling mudah adalah satu kali seminggu. Durasi waktu untuk senam bisa mencapai 30 menit setiap pertemuan.

Manfaat Senam Lansia

Gerakan yang dilakukan untuk kegiatan senam ini bermacam-macam. Macam-macam senam lansia ini disesuaikan dengan kebutuhan. Senam ini biasanya dilakukan di waktu pagi hari dengan durasi waktu sekitar 30 menit dan dilakukan secara berkelompok. Sebaiknya senam dilakukan secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat. Senam yang dilakukan secara teratur akan membantu tubuh agar tetap bugar. Otot-otot tubuh juga semakin membaik. Tubuh Anda tidak akan lagi merasa kaku atau kesakitan.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Manfaat ini bisa masuk dalam kategori mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh Anda dengan cara menguatkan metabolisme tubuh Anda. Kemudian, manfaat melakukan kegiatan ini juga untuk mengobati penyakit yang mungkin Anda miliki seperti diabetes. Senam merupakan salah satu bentuk penyembuhan yang paling mudah untuk dilakukan. Tubuh juga akan tetap fit. Senam lansia adalah senam yang disarankan untuk para lansia guna meningkatkan kesehatan tubuh yang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah.

Senam lansia adalah senam yang diperuntukkan bagi para lansia baik yang masih sehat memiliki penyakit tertentu seperti diabetes. Senam ini memiliki gerakan yang mudah dan ringan.

Tips Melakukan Senam Lantai Meroda Dengan Aman

Salah satu kegiatan senam yang disukai oleh banyak anak-anak gerakan senam lantai meroda. Pada dasarnya anak-anak mungkin belum memahami bahwa kegiatan yang selama ini dilakukan dengan suka cita dan untuk tujuan bersenang-senang ini ternyata merupakan salah satu jenis kegiatan senam. Senam yang sekilas tampak seperti jenis permainan ini ternyata menyimpan manfaat yang besar untuk tubuh. Tentu saja kegiatan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya bisa dibilang kegiatan ini cukup susah untuk dilakukan. Karena itu bila Anda tidak biasa untuk melakukannya, senam yang dilakukan justru bisa saja berujung pada cedera.

Oleh karena itu dibawah ini dijelaskan beberapa langkah mudah dalam melakukan senam ini disertai dengan teknik-teknik sederhana. Teknik gerakan meroda tidaklah sulit apalagi bagi orang yang sudah terbiasa melakukan kegiatan senam ini. Akan tetapi bagi para pemula, dibutuhkan partner yang dapat membantu Anda menjalankan kegiatan senam ini secara aman. Nah, lantas gerakan seperti apakah yang harus Anda lakukan serta tips-tips khusus seperti apakah yang dapat membantu Anda melakukan gerakan ini dengan baik? Berikut ini ulasannya.

Teknik Gerakan Senam Lantai Meroda

Cara melakukan senam lantai meroda ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala dengan melebarkan kaki sehingga bentuk tubuh Anda menggambar bentuk X. Lalu gerakan memutar dimulai dengan cara menggerakkan tangan hingga ke lantai dengan arah menyamping. Anda melakukan handstand atau gerakan berdiri di atas tubuh yang dilakukan dari arah menyamping kemudian letakkan tangan Anda kembali pada posisi semula dan tubuh Anda kembali berdiri seperti sebelumnya.

Anda dapat melakukan kegiatan ini selama beberapa kali putaran selayaknya roda yang berputar. Meski terlihat mudah, nyatanya banyak orang yang gagal ketika melakukan senam ini. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan gerakan ini di atas matras atau karpet yang lembut sehingga ketika Anda jatuh dan membentur lantai tidak akan terasa sakit. Lalu, adakalanya Anda membutuhkan bantuan teman Anda untuk bisa melakukan gerakan ini. Tips melakukan gerakan senam ini secara aman selain dengan menggunakan alas yang nyaman adalah dengan meminta bantuan teman untuk memegangi tubuh Anda ketika melakukan gerakan memutar secara menyamping agar keseimbangan tubuh Anda tetap terjaga.

Manfaat Gerakan Meroda

Gerakan senam yang tampak sederhana ini ternyata juga menyimpan manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat gerakan meroda ini lebih banyak ada pada bagaimana meningkatkan tingkat refleksi tubuh Anda terhadap gerakan tertentu. Selain itu, senam ini juga membantu Anda menyeimbangkan tubuh Anda secara sempurna. Gerakan ini juga bisa membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan otak Anda. Ternyata, meski nampak sederhana dan terkesan seperti sebuah permainan, senamlantai meroda ini mampu memberikan efek yang baik untuk tubuh hanya jika dilakukan secara benar.

Senam lantai meroda merupakan salah satu teknik senam yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh dengan memutarkan badan melalui handstand secara hati-hati.

Menyiapkan Proses Kelahiran Dengan Melakukan Senam Hamil 7-9 Bulan

Bagi Ibunda yang tengah mengandung bayi yang tengah diidam-idamkan tentu merupakan sebuah kabar yang begitu menggembirakan ketika kehamilan telah sukses mencapai usia 7 -9 bulan, pasalnya masa-masa ini juga merupakan masa yang krusial dan penting sehingga membutuhkan perawatan yang lebih khusus dan ekslusif serta hati-hati agar kehamilan tetap dalam keadaan sehat yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara melakukan senam khusus seperti senam hamil 7-9 Bulan. Mengapa Ibunda yang tengah hamil harus melakukan senam? Padahal menggerakkan badan saja terasa sulit dan berat. Ibunda akan mengetahui mengapa melakukan gerakan senam itu penting dan bahkan mampu membantu proses bersalin.

Pentingnya Melakukan Senam Saat Hamil

Senam yang dilakukan pada masa kehamilan bisa dikatakan merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan khususnya untuk menyambut proses kelahiran yang tidak lama lagi dilakukan. Senam hamil 7 bulan ke atas yang dilakukan secara teratur akan membantu Ibunda untuk menjalani proses kelahiran yang biasanya meninggalkan rasa sakit dan nyeri yang terkadang sangat menyakitkan. Fungsi dan senam ini adalah melatih otot-otot tubuh khususnya pada bagian tertentu pada tubuh agar siap saat proses kelahiran ini. Mudahnya, gerakan senam yang dilakukan ini akan membantu proses kelahiran Ibunda dengan lebih baik.

Proses kelahiran yang terjadi dipercaya akan menjadi lebih mudah dan lebih lancar dibandingkan dengan Ibunda yang tidak melakukan gerakan senam Hamil 7-9 Bulan ini. Lantas bagaimana dengan jenis-jenis gerakan yang ada? Ibunda tidak perlu khawatir karena jenis senam ini telah dibuat dan dirangkai khusus untuk ibu hamil sehingga tidak akan membahayakan kandungan Anda apabila Anda melakukan dengan benar sesuai dengan instruksi. Ada beberapa jenis senam hamil yang bisa Anda lakukan yakni mulai dari senam hamil posisi duduk, senam hamil di ruangan, senam hamil posisi tidur hingga senam hamil untuk melatih otot dada.

Cara Melakukan Senam Hamil Usia 7-9 Bulan

Gerakan senam hamil 9 bulan atau pun 7 pada dasarnya sama yang membedakan adalah jenis senam yang Anda pilih. Tiap-tiap model senam yang telah disebutkan sebelumnya tadi menawarkan gerakan-gerakan yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Salah satu model senam yang umum dilakukan adalah senam dengan posisi duduk. Senam model posisi duduk dilakukan dengan cara mendudukkan tubuh Anda di atas karpet khusus yang nyaman dan empuk dengan posisi yang tegak dan nyaman. Kemudian, rentangkan kedua kaki secara perlahan dengan tetap menjaga posisi duduk Anda dan posisi punggung agar tetap seimbang dan tegak.

Kemudian condongkan tubuh Ibunda. Bungkukkan secara perlahan ke arah depan seraya mengangkat kedua lengan tangan Anda sejajar dengan tubuh Anda. Jatuhkan lengan ke bagian depan tubuh Anda hingga menyentuh lantai. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga otot-otot yang ada dalam tubuh Anda bereaksi dan meregang secara perlahan. Setelah itu angkat tubuh Anda dan lakukan gerakan yang sama selama beberapa detik. Seperti itulah cara melakukan senam dengan posisi duduk yang sangat mudah dilakukan. Tentu saja, senam hamil 7-9 Bulan tidak hanya hadir dalam posisi duduk saja melainkan bisa juga dengan cara tiduran dan lain-lain.

Senam hamil 7-9 bulan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan beberapa posisi seperti posisi tidur, posisi duduk, dan beragam jenis model lainnya.