Gerakan Senam Hamil 8 9 Bulan Yang Sederhana Namun Bermanfaat

Usia kehamilan yang telah menginjak trisemester terakhir tentunya menjadikan masa yang menegangkan bagi ibu hamil untuk menghadapi hari kelahiran sang buah hati. Untuk mengurangi rasa ketegangan, ibu bisa mencoba senam hamil. Disisi lain dengan menjalani senam hamil, tentunya ibu akan lebih siap menghadapi hari kelahiran. Dengan demikian ibu memiliki persiapan matang supaya proses kelahiran bisa berlangsung lancar dan aman. Disisi lain senam hamil pada usia kandungan pada trisemeseter ketiga juga memiliki manfaat tersendiri. Dengan melakukan senam hamil 8 9 bulan, otot-otot yang digunakan saat kelahiran menjadi lebih lentur. Manfaat lainnya, senam hamil akan melatih pernafasan dan menjaga kondisi kesehatan ibu hamil tetap fit dan segar. Tidak hanya itu, bagi ibu hamil yang melakukan senam hamil ini juga bisa membantu memposisikan janin pada posisi yang benar. Mengingat banyak kasus pada ibu hamil, yang posisi janinnya susang atau belum berada dipanggul. Sehingga proses persalinannya harus dilakukan dengan cara caesar. Tentunya ibu-ibu yang tengah hamil memilih proses melahirkan secara normal bukan. Nah simak beberapa panduan senam hamil trisemester tiga.

Gerakan-gerakan senam ibu hamil

Gerakan senam hamil yang pertama ini, bisa ibu lakukan di matras agar terasa lebih nyaman. Kemudian duduklah bersila, usahakan punggung dalam kondisi tegak lalu letakkan kedua tangan dipaha. Ibu bisa melakukan gerakan seperti sedang yoga, dimana sebisa mungkin untuk rileks dan berkonsentrasi. Selanjutnya tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan melalui mulut. Usahakan lakukan dengan sesantai mungkin. Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 5 hingga 10 detik Tujuan dari gerakan dan posisi ini adalah untuk menguatkan otot disekitar area otot rahim, kandung kemih, uretra dan rektum.

Senam hamil 8 9 bulan yang bisa dilakukan dirumah selanjutnya adalah posisi kan tubuh ibu dengan posisi jongkok. Selanjutnya tempelkan kedua telapak tangan didepan dada dengan posisi tangan seperti orang bersemedi, tahan posisi tersebut selama 5 hingga 10 detik kemudian bangun ke posisi tubuh berdiri, dan lakukan hingga sebanyak kurang lebih 5 kali. Tujuan dari gerakan dan posisi tersebut ialah membantu menguatkan otot paha. Disisi lain juga mampu meregangkan otot-otot panggul ibu hamil, yang mana akan mempermudah proses persalinan.

Gerakan senam lainnya yang bisa dilakukan ibu hamil adalah dengan melakukan gerakan senam dengan cara mensejajarkan punggung dengan kepala. Posisi tersebut memang seperti gerakan akan merangkak. Ibu bisa melakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Lakukan gerakan ini kurang lebih selama 10 hingga 20 detik. Dengan melakukan gerakan tersebut, ibu akan merasakan lebih rileks, dan tentunya juga mampu meringankan sakit pinggang setelah menahan beban diperut selama seharian.

Demikianlah beberapa gerakan senam hamil 8 9 bulan yang telah dijelaskan secara ringkas diatas. Tentunya ibu bisa mengikutinya dirumah disela-sela kegiatan. Selain itu gerakan senam hamil usia kandungan 9 bulan diatas juga tidak membutuhkan berbagai alat bantu, sehingga cukup praktis dilakukan setiap hari guna mempersiapkan proses kelahiran sang buah hati.

senam hamil 8 9 bulan ini dapat dilakukan oleh ibu hamil dirumah disela-sela kegiatan, selain itu senam ini juga memiliki manfaat yang positif demi menghadapi proses kelahiran sang buah hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *