Menuju Sehat Dengan Senam SKJ 94

Senam SKJ adalah salah satu senam yang di era 80an hingga 90an sangatlah digemari, bahkan menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan secara serentak hingga taraf nasional, senam ini pada masanya memiliki beberapa tipe yang disesuaikan dengan tahun peresmiannya seperti Senam SKJ 94 ini. Senam SKJ pada dasarnya merupakan singkatan dari senam kesegaran jasmani yang pertama kali diresmikan sebagai salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari segala kalangan. Senam ini populer di masa orde baru atau masa kepemimpinan Presiden kedua Indonesia, Soeharto.

Pengertian Senam SKJ

Pengertian senam kebugaran ini adalah senam yang dilakukan secara massal atau bersama-sama yang dibagi menjadi tiga sesi yakni pemanasan, inti, dan pendinginan. Senam ini nampak unik karena selalu menggunakan musik sebagai musik pengiring. Musik dan lagu yang dilakukan bukanlah sembarang lagu melainkan lagu-lagu daerah yang telah di aransemen. Lagu daerah yang digunakan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Umumnya lagu daerah yang dipilih adalah lagu yang telah populer yang hampir semua kalangan sudah mengetahui atau mengenalnya seperti Yamko Rambe Yamko, Jali Jali, Tanduk Majeng, Cing Cangkeling, Rasa Sayange, Paris Barantai, dan lain-lain.

Variasi Senam SKJ

Senam SKJ ini memiliki berbagai variasi dengan jenis gerakan yang berbeda- beda dan diiringi dengan musik yang berbeda pula. Salah satunya adalah senam SKJ 94. Senam ini memiliki gerakan yang diikuti dengan hitungan-hitungan tertentu mulai dari angka 1 hingga 8. Senam ini juga dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi pemanasan, inti, dan pendinginan. Durasi waktu untuk senam ini secara total mulai dari pemasanan, inti, hingga pendinginan berjumlah 30 menitan kurang lebih. Biasanya untuk pemasanan, dilakukan sekitar 12 menitan, lalu inti dilakukan dengan durasi yang jauh lebih lama sekitar 15 menitan hingga 20 menitan. Kemudian pendinginan dilakukan selama 5 hingga 7 menitan.

Selain variasi ini, masih ada jenis variasi lain seperti senam SKJ ’84, SKJ ’88, SKJ ’92, SKJ ’94, hingga senam SKJ ’96. Saat ini setelah beberapa puluh tahun lewat, senam ini masih banyak digemari bahkan hingga dibuatkan versi terbarunya seperti senam SKJ 2016. Senam terbaru ini masih menggunakan jenis gerakan-gerakan yang tidak jauh berbeda dengan senam SKJ sebelumnya. Gerakan-gerakan khas SKJ masih kental terlihat. Anda dapat mencari tahu bagaimana bentuk gerakan yang dilakukan secara lengkap dengan melihat instruksi melalui video yang banyak dirilis melalui jejaring sosial.

Manfaat Senam SKJ

Melakukan senam ini secara rutin tentu akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Senam yang dilakukan setidaknya selama 1 kali setiap minggu ini mampu memberikan kebugaran bagi tubuh. Selain itu gerakan yang lincah disertai dengan tepukan membuat tubuh kita menjadi lebih banyak bergerak. Tidak hanya itu saja, senam ini seringkali menggunakan gerakan yang membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi seperti gerakan menyamping kanan dan kiri sehingga mau tidak mau Anda harus fokus dan berkonsentrasi agar gerakan yang dilakukan tidak salah.

Meski senam ini memiliki beragam jenis variasi dengan bentuk gerakan yang berbeda dan lagu pengiring yang berbeda namun senam SKJ 94 merupakan salah satu jenis senam yang paling banyak digemari dan populer bahkan hingga saat ini. Anda bisa melakukan senam ini bersama dengan kolega, teman, keluarga atau masyarakat di sekitar Anda. Anda bisa menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan fit dengan cara melakukan gerakan senam ini dengan teratur.

Senam SKJ ’94 merupakan salah satu jenis senam yang populer yang masih digemari hingga saat ini. Senam ini memiliki tiga sesi yakni sesi pemanasanan, inti, dan pendinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *