Menyiapkan Proses Kelahiran Dengan Melakukan Senam Hamil 7-9 Bulan

Bagi Ibunda yang tengah mengandung bayi yang tengah diidam-idamkan tentu merupakan sebuah kabar yang begitu menggembirakan ketika kehamilan telah sukses mencapai usia 7 -9 bulan, pasalnya masa-masa ini juga merupakan masa yang krusial dan penting sehingga membutuhkan perawatan yang lebih khusus dan ekslusif serta hati-hati agar kehamilan tetap dalam keadaan sehat yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara melakukan senam khusus seperti senam hamil 7-9 Bulan. Mengapa Ibunda yang tengah hamil harus melakukan senam? Padahal menggerakkan badan saja terasa sulit dan berat. Ibunda akan mengetahui mengapa melakukan gerakan senam itu penting dan bahkan mampu membantu proses bersalin.

Pentingnya Melakukan Senam Saat Hamil

Senam yang dilakukan pada masa kehamilan bisa dikatakan merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan khususnya untuk menyambut proses kelahiran yang tidak lama lagi dilakukan. Senam hamil 7 bulan ke atas yang dilakukan secara teratur akan membantu Ibunda untuk menjalani proses kelahiran yang biasanya meninggalkan rasa sakit dan nyeri yang terkadang sangat menyakitkan. Fungsi dan senam ini adalah melatih otot-otot tubuh khususnya pada bagian tertentu pada tubuh agar siap saat proses kelahiran ini. Mudahnya, gerakan senam yang dilakukan ini akan membantu proses kelahiran Ibunda dengan lebih baik.

Proses kelahiran yang terjadi dipercaya akan menjadi lebih mudah dan lebih lancar dibandingkan dengan Ibunda yang tidak melakukan gerakan senam Hamil 7-9 Bulan ini. Lantas bagaimana dengan jenis-jenis gerakan yang ada? Ibunda tidak perlu khawatir karena jenis senam ini telah dibuat dan dirangkai khusus untuk ibu hamil sehingga tidak akan membahayakan kandungan Anda apabila Anda melakukan dengan benar sesuai dengan instruksi. Ada beberapa jenis senam hamil yang bisa Anda lakukan yakni mulai dari senam hamil posisi duduk, senam hamil di ruangan, senam hamil posisi tidur hingga senam hamil untuk melatih otot dada.

Cara Melakukan Senam Hamil Usia 7-9 Bulan

Gerakan senam hamil 9 bulan atau pun 7 pada dasarnya sama yang membedakan adalah jenis senam yang Anda pilih. Tiap-tiap model senam yang telah disebutkan sebelumnya tadi menawarkan gerakan-gerakan yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Salah satu model senam yang umum dilakukan adalah senam dengan posisi duduk. Senam model posisi duduk dilakukan dengan cara mendudukkan tubuh Anda di atas karpet khusus yang nyaman dan empuk dengan posisi yang tegak dan nyaman. Kemudian, rentangkan kedua kaki secara perlahan dengan tetap menjaga posisi duduk Anda dan posisi punggung agar tetap seimbang dan tegak.

Kemudian condongkan tubuh Ibunda. Bungkukkan secara perlahan ke arah depan seraya mengangkat kedua lengan tangan Anda sejajar dengan tubuh Anda. Jatuhkan lengan ke bagian depan tubuh Anda hingga menyentuh lantai. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga otot-otot yang ada dalam tubuh Anda bereaksi dan meregang secara perlahan. Setelah itu angkat tubuh Anda dan lakukan gerakan yang sama selama beberapa detik. Seperti itulah cara melakukan senam dengan posisi duduk yang sangat mudah dilakukan. Tentu saja, senam hamil 7-9 Bulan tidak hanya hadir dalam posisi duduk saja melainkan bisa juga dengan cara tiduran dan lain-lain.

Senam hamil 7-9 bulan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan beberapa posisi seperti posisi tidur, posisi duduk, dan beragam jenis model lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *