Senam Ibu Hamil 5-6 Bulan Yang Bermanfaat Ibu Dan Bayi

Apabila anda seorang wanita yang sedang hamil , maka tidak ada alasan untuk malas gerak. Adapun senam ibu hamis 5-6 bulan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Dalam kondisi apapun kalau olahraga sebaiknya tetap dilakukan agar metabolisme juga lancar. Olahraga untuk ibu hamil dengan wanita biasa memang berbeda. Olahraga sangat penting karena bermanfaat untuk melatih otot di seputar panggul pra persalinan.

Manfaat Senam Hamil 5-6 bulan

Senam ibu hamil 5-6 bulan mempunyai berbagai macam manfaat bagi ibu hamil dan janinnya, adapun manfaat yang diperoleh antara lain :

     Senam ibu hamil ini bermanfaat sebagai olahraga fisik agar ibu hamil tidak mengalami kelebihan berat badan yang bisa meningkatkan jumlah resiko diabetes.

     Gerakan senam dirancang untuk melatih otot-otot yang nantinya akan berhubungan dengan persalinan agar tidak terlalu tegang.

     Senam juga berguna agar kesiapan mental saat persalinan nanti lebih rileks dan juga dapat melatih pernapasan agar dapat mendorong bayi keluar dengan kuat

     Saat usia kandungan mencapai 5 sampai 6 bulan biasanya mengalami nyeri punggung dan kaki, maka senam ini bisa meredakan dan merelaksasikan punggung dan kaki yang pegal.

Cara senam Ibu Hamil 5-6 Bulan

Cara senam ibu hamil 5-6 bulan bisa anda lakukan di rumah dengan perlengkapan dan gerakan yang sederhana tetapi juga bisa dilakukan di bawah pengawasan instruktur ahli agar gerakannya lebih aman dan maksimal. Sebelum melakukan gerakan senam sebaiknya melakukan pemanasan dengan mengatur pernapasan agar pembakaran metabolismenya lebih baik dengan kadar oksigen yang cukup.Berikut ada beberapa gerakan sederhana untuk senam hamil :

  1. Pertama ambilah posisi di atas matras kasur dengan kaki bersila, lalu tegakkan punggung dan letakkan kedua tangan dikedua lutut layaknya orang yang sedang bermeditasi. Lalu tahan beberapa saat sambil mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya melalui mulut. Lalu angkat kedua tangan sambil menarik napas kemudian turunkan tangan sambil membuang napas melalui mulut.
  2. Apabila latihan nafas telah selesai maka kaki diselonjorkan ke depan dengan tumpuan tangan yang diletakkan di belakang secara bergantian , angkat kaki ke atas, lalu ke samping.
  3. Setelah itu atur posisi tubuh sedang merangkak dengan posisi kepala dan punggung dan pantat yang sejajar dan turunkan kepala hingga bisa melihat perut sambil mengatur nafas.
  4. kemudian ambil posisi berbaring dengan posisi tubuh miring. Pakailah bantal untuk kepala dan perut agar lebih nyaman . Kedua kaki ditekuk ke arah perut lalu lepaskan perlahan.

Ibu hamil sebisa mungkin harus bisa menjaga kandungannya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Menjaga kandungan bukan hanya berdiam diri di rumah, tetapi sebaiknya ibu hamil tetap melakukan aktivitas , salah satunya adalah senam ibu hamil 5-6 bulan.

Senam ibu hamil 5-6 bulan memberikan efek positif bagi ibu hamil yang sedang mengandung bayinya agar senantiasa ibu dan bayinya tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *