Senam Ibu Hamil 5 Bulan Yang Penting Bagi Kesehatan

Kadang ibu hamil pada usia kehamilan 5 bulan ini masih ada yang mengeluhkan seperti mual dan rasa nyeri di bagian tubuh lainnya dan pada usia 5 bulan perkembangannya sangat signifikan, maka dari itu perlu melakukan senam ibu hamil 5 bulan. Karena pada masa ini janin sudah bisa menggunakan panca inderanya. Apabila janin merasakan sesuatu pasti akan mulai bergerak-gerak. Perkembangan bayi sudah mencapai 7 inci, dan akan terus berkembang seiring dengan waktu. Begitu pula pada tubuh ibu, tubuh ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sehingga dalam melakukan aktifitas agak terasa berat. Beban yang ada di perut akan menyebabkan sakit pinggang atau nyeri pada kaki. Ibu hamil tidak dianjurkan melakukan aktivitas ataupun pekerjaan yang terbilang berat, karena hal ini akan menambah rasa sakit pada punggung dan akan berdampak pada kesehatan ibu dan bayinya. Selain itu ada beberapa ibu yang mengeluhkan stress pada masa kehamilan ini, mungkin hal itu dipicu oleh rasa jenuh atau bosan karena aktivitas sehari-harinya hanya monoton. Selain itu bayangan waktu persalinan pun membuat para ibu stress dan diselimuti oleh rasa takut

Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa melakukan senam ibu hamil 5 bulan. Senam untuk ibu hamil tidak seperti senam pada umumnya, tetapi senam yang khusus untuk ibu hamil, yang fungsinya meredakan keluhan-keluhan yang ada di atas.

Jenis olahraga untuk ibu hamil 5 bulan

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sederhana yang paling penting dilakukan oleh ibu hamil. Karena olahraga jalan kaki ini dapat memperlancar peredaran darah dan membuat ibu tetap fit dalam menjalani kehamilan. Untuk lama waktu jalan kaki ini sekitar 30 menit saja.

Senam Hamil

Senam hamil memiliki banyak gerakan dan setiap gerakannya disesuaikan dengan usia kehamilan. Senam hamil juga mempunyai banyak manfaat salah satunya untuk memperlancar proses persalinan.

Senam Yoga

Senam yoga hampir sama dengan dengan meditasi karena gerakannya mengandung unsur relaksasi. Tehnik relaksasi dapat dilakukan dengan menarik nafas secara dalam kemudian ditahan sekitar 3 detik lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut. Hal ini berfungsi untuk membuat pikiran ibu hamil menjadi rileks, sehingga terhindar dari stress dan rasa sakit pada punggung.

Berenang

Jenis olahraga ibu hamil yang terakhir adalah berenang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh pada ibu hamil.

Senam ibu hamil 5 bulan diusahakan saat melakukannya didampingi oleh suami ataupun anggota keluarga yang lain, yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Senam ibu hamil 5 bulan memang sudah diperlukan, dengan gerakan gerakan yang simple tetapi manfaatnya besar sekali. Semoga bisa membantu anda dalam melakukan senam hamil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *