Tips Melakukan Senam Lantai Meroda Dengan Aman

Salah satu kegiatan senam yang disukai oleh banyak anak-anak gerakan senam lantai meroda. Pada dasarnya anak-anak mungkin belum memahami bahwa kegiatan yang selama ini dilakukan dengan suka cita dan untuk tujuan bersenang-senang ini ternyata merupakan salah satu jenis kegiatan senam. Senam yang sekilas tampak seperti jenis permainan ini ternyata menyimpan manfaat yang besar untuk tubuh. Tentu saja kegiatan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya bisa dibilang kegiatan ini cukup susah untuk dilakukan. Karena itu bila Anda tidak biasa untuk melakukannya, senam yang dilakukan justru bisa saja berujung pada cedera.

Oleh karena itu dibawah ini dijelaskan beberapa langkah mudah dalam melakukan senam ini disertai dengan teknik-teknik sederhana. Teknik gerakan meroda tidaklah sulit apalagi bagi orang yang sudah terbiasa melakukan kegiatan senam ini. Akan tetapi bagi para pemula, dibutuhkan partner yang dapat membantu Anda menjalankan kegiatan senam ini secara aman. Nah, lantas gerakan seperti apakah yang harus Anda lakukan serta tips-tips khusus seperti apakah yang dapat membantu Anda melakukan gerakan ini dengan baik? Berikut ini ulasannya.

Teknik Gerakan Senam Lantai Meroda

Cara melakukan senam lantai meroda ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala dengan melebarkan kaki sehingga bentuk tubuh Anda menggambar bentuk X. Lalu gerakan memutar dimulai dengan cara menggerakkan tangan hingga ke lantai dengan arah menyamping. Anda melakukan handstand atau gerakan berdiri di atas tubuh yang dilakukan dari arah menyamping kemudian letakkan tangan Anda kembali pada posisi semula dan tubuh Anda kembali berdiri seperti sebelumnya.

Anda dapat melakukan kegiatan ini selama beberapa kali putaran selayaknya roda yang berputar. Meski terlihat mudah, nyatanya banyak orang yang gagal ketika melakukan senam ini. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan gerakan ini di atas matras atau karpet yang lembut sehingga ketika Anda jatuh dan membentur lantai tidak akan terasa sakit. Lalu, adakalanya Anda membutuhkan bantuan teman Anda untuk bisa melakukan gerakan ini. Tips melakukan gerakan senam ini secara aman selain dengan menggunakan alas yang nyaman adalah dengan meminta bantuan teman untuk memegangi tubuh Anda ketika melakukan gerakan memutar secara menyamping agar keseimbangan tubuh Anda tetap terjaga.

Manfaat Gerakan Meroda

Gerakan senam yang tampak sederhana ini ternyata juga menyimpan manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat gerakan meroda ini lebih banyak ada pada bagaimana meningkatkan tingkat refleksi tubuh Anda terhadap gerakan tertentu. Selain itu, senam ini juga membantu Anda menyeimbangkan tubuh Anda secara sempurna. Gerakan ini juga bisa membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan otak Anda. Ternyata, meski nampak sederhana dan terkesan seperti sebuah permainan, senamlantai meroda ini mampu memberikan efek yang baik untuk tubuh hanya jika dilakukan secara benar.

Senam lantai meroda merupakan salah satu teknik senam yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh dengan memutarkan badan melalui handstand secara hati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *