Tutorial MelakukanSenam Lantai Kayang Yang Benar

Sebagian dari anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Senam Lantai Kayang. atau bahkan anda sudah pernah melakukan namun belum mengetahui secara pasti tentang gerakan kayang. Secara umum, gerakan Senam Lantai Kayang bisa diartikan sebagai posisi berbaring telungkup serta posisi badan dibagian atas yang ditopang oleh kaki serta kedua tangan. Banyak yang menganggap kayang merupakan gerakan senam yang sulit dilakukan. Hal tersebut memang benar adanya khususnya bagi mereka yang tidak mempunyai kelenturan tubuh. Namun, tak menutup kemungkinan jika dilakukan dengan teratur, anda dapat melakukan gerakan kayang dengan mudah.

Senam Lantai Kayang: hal -hal yang harus diketahui

Gerakan senam lantai salah satunya gerakan khayang dapat dilakukan dengan mudah jika seseorang mempunyai beberapa kriteria, yaitu mempunyai kekuatan otot paha, punggung, serta perut yang baik. Disamping itu, juga harus memiliki kelentukan ruas tulang belakang, persendian bahu, dan persendian panggul dan mempunyai kekuatan lengan dan bahu yang cukup kuat untuk menopang tubuh saat melakukan gerakan kayang.

Cara melakuakn Senam Lantai Kayang

Sebenarnya, ada cara-cara tertentu untuk melakukan gerakan kayang yang baik dan benar. Salah satunya adalah dengan posisi tidur. Untuk melakukan Senam Lantai Kayang dari posisi tidur, sikap awal dapat dimulai dengan posisi tidur telentang serta kedua lutut ditekuk, kedua tumit rapat pada bagian pinggul. Untuk tangan, usahakan agar bagian telapak tangan dan siku menempel pada matras dengan ibu jari berada di samping telinga. Untuk gerakannya, angkat badan keatas dengan kaki lurus dan kedua tangan, masukkan kepala diantara dua tangan tersebut kemudian tahan hingga beberapa hitungan. Jika dilakukan secara rutin, gerakan ini dapat melenturkan otot perut dan punggung. Jika anda belum yakin untuk memulai gerakan kayang dari posisi tidur, anda dapat meminta bantuan orang lain terlebih dahulu.

Kayang juga bisa dilakukan dengan posisi berdiri. Untuk posisi Senam Lantai Kayang ini, sikap awalnya adalah badan tegak berdiri dan memposisikan kedua tangan di samping paha. Untuk memulai gerakan, ayunkan satu tangan ke belakang kemudian kepala menengadah serta badan sebisa mungkin melenting ke bagian belakang.

Selanjutnya, tekuk tungkai kaki namun ketika punggung menempel di matras, anda bisa menggunakan tangan sebagai tolakan. Lemparkan tungkai ke depan bersamaan dengan tolakan tangan. Sebisa mungkin posisikan badan condong ke depan dan diakhiri dengan sikap yang berdiri tegak dan badan bungkuk. Jika Senam Lantai Kayang bisa dilakukan dengan sempurna, maka posisi badan akan terlihat melengkung yang menyerupai busur. Kayang merupakan salah satu gerakan senam yang dapat melenturkan otot di bagian perut dan pinggang. Sebelum melakukan gerakan ini, sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Untuk melakukan gerakan kayang dengan sempurna, tentunya harus berlatih secara teratur.

Senam Lantai Kayang merupakan salah satu gerakan senam yang mempunyai manfaat untuk melenturkan otot perut dan pinggang. Anda bisa mencoba gerakan ini di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *