Senam Ling Tien Kung Untuk Kesehatan

Senam Ling Tien Kung sekarang sudah mulai dikenal oleh masyarakat. Peserta yang mengikuti senam ini bukan hanya orang yang usianya lanjut, dan warga tionghoa saja. Sekarang semua kalangan dan remaja non tionghoa pun sudah banyak yang mengikuti senam ini karena sudah merasakan efek positifnya.

Senam Ling Tien Kung menyembuhkan Berbagai Penyakit

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa bagian tubuh yang fungsinya untuk mengeluarkan kotoran ini ternyata bisa menjadi alat untuk membangkitkan energi bagi diri sendiri. Tujuan senam Ling Tien Kung ini membangkitkan tenaga titik nol untuk menyehatkan badan, atau juga bisa disebut kesehatan seseorang bisa terjadi berkat usaha dalam diri sendiri. Gerakan utama senam Ling Tien Kung terletak saat melakukan kontraksi otot anus dibarengi dengan otot pusat perut. Gerakan ini seperti mengecharge aki manusia

Jika olahraga dengan senam Ling Tien Kung atau bisa juga disebut senam injit-injit anus ini dilakukan rutin setiap hari, ternyata mempunyai manfaat yaitu bisa menyembuhkan berbagai penyakit misalnya penyakit diabetes, ambeien, dan penyakit lainnya. Senam ini pertama kali dikenalkan empat tahun lalu di Kabupaten Bangkalan dan mendapat sambutan yang hangat di masyarakat. Gerakan senam ini tidak begitu sulit tetapi cukup menguras energi. Dan senam ini dipilih karena gerakannya sederhana dan menyehatkan. Gerakan yang terbilang simpel ini bisa terasa sulit karena harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu sekitar 60 detik untuk masing-masing gerakan atau 300 kali untuk gerakan yang harus dilakukan berulang-ulang. Gerakannya misalnya berjongkok sambil berjinjit, merentangkan tangan ke samping, atau menekuk satu kaki dalam posisi berdiri.

Untuk pemula disarankan melakukan senam dengan rutin paling tidak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Dalam kurun waktu kurang dari satu bukan, manfaat senam tersebut sudah terasa. Rasa pegal yang biasa dialami akan berkurang, dan yang mempunyai penyakit darah tinggi , jantung, kencing manis lambat laun penyakit tersebut akan sembuh.

Sejarah Senam Ling Tien Kung

Sejarah Senam Ling Tien Kung ini pertama kali ditemukan oleh Laoshi Fu dan membutuhkan waktu 20 tahun riset dan pertapaan, dan pada 2006 telah meresmikan dan mengenalkan senam ling tien kung ini ke masyarakat.

Yang mengikuti senam Ling Tien Kung ini dari hari ke hari semakin bertambah. Karena masyarakat sudah banyak yang sadar akan kesehatan mereka. Dengan Melakukan senam ini secara rutin, maka manfaatnya yang luar biasa bisa anda rasakan.

Senam Ling Tien Kung ini memberikan berbagai macam manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Untuk anda yang belum pernah menconbanya maka tidak ada salahnya untuk mencoba sekarang juga, karena manfaat yang begitu besar

Senam SKJ 84: Jenis Senam Yang Cukup Legendaris

Senam Kesegaran Jasmani 1984atau juga dikenal dengan istilah Senam SKJ 84 menurut sejarahnya mulai diperkenalkan di awal tahun 1984 berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan oleh Menpora. Senam ini kemudian diajarkan untuk seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, senam ini hampir dikuasai oleh seluruh lapisan masyarakat pada masa itu mulai dari anak TK hingga pensiunan veteran. Murid-murid sekolah saat itu juga melakukan senam ini hampir setiap pagi sebelum masuk ke kelas. Selain itu, setiap pelajaran olahraga juga akan dibuka dengan melakukan senam SKJ ini. Belum lagi perlombaan senam yang dilakukan secara rutin untuk memperingati momen-momen tertentu seperti hari olahraga nasional ataupun hari kemerdekaan Indonesia.

Mengenal sejarah Senam SKJ 84

Menurut sejarah, musik Senam SKJ 84 diciptakan oleh salah satu komponis terhebat di Indonesia, Nortier Simanungkalit. Beliau terkenal terutama dengan karya lagu lagu himne dan mars. Selain senam ini, beliau juga menggubah music untuk himne SEA Games X, senam pagi Indonesia, Mars Pemilu, dan masih banyak yang lainnya. Senam ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat berdasarkan SP kantor Menpora serta SK Dirjen PLSPO.

Biasanya, SKJ dikenal sebagai senam massal yang pada masanya diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam SKJ 84 dilakukan dengan iringan lagu berirama yang berasal dari beragam provinsi di Indonesia yang diaransemen ulang dan umumnya dilakukan oleh peserta senam dalam kelompok besar. Di Indonesia, senam ini biasa dilakukan di tempat umum dan di hari-hari tertentu dalam seminggu seperti jumat pagi ataupun saat weekend. Senam beserta musik pengiringnya menjadi sangat terkenal pada sekitar tahun 80 an hingga 90an ketika Indonesia dalam masa pemerintahan Orde Baru.

Ada beragam cara yang dilakukan oleh pemerintahan order baru sebagai upaya pembangunan yang salah satunya adalah melakukan pembangunan pada sektor sumber daya manusia. Untuk itu, pemerintah mulai memperbaiki pelayan kesehatan yang ada di masyarakat, meningkatkan gizi keluarga, meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya gerakan wajib belajar 9 tahun, serta mengajak masyarakat untuk gemar melakukan olahraga. Salah satu upaya pembangunan sumber daya manusia dibuktikan dengan diwajibkannya melakukan Senam SKJ 84 di sekolah.

Pada tahun 80an, pemerintah mulai giat mengkampanyekan slogan mengolahragakan masyarakat serta memasyarakatkan olahraga. Semenjak adanya kementrian pemuda dan olahraga pada tahun 1983, kegiatan olahraga yang ada di Indonesia semakin marak. Selain terciptanya Senam SKJ 84 yang wajib dilakukan di sekolah dan beberapa instansi pemerintahan, juga dicanangkan Hari Olahraga Nasional pada tanggal 9 September 1983. Pemilihan tanggal 9 September diambil dari tanggal yang sama saat menyelenggarakan PON pertama kali di kota Solo pada tahun 1948. Dari tahun ke tahun, senam ini terus mengalami perkembangan dan cukup sukses menggerakkan seluruh lapisan masyarakat untuk berolahraga.

Senam SKJ 84 merupakan salah satu senam yang pada masanya diwajibkan oleh pemerintahan Indonesia untuk seluruh lapisan masyarakat agar gemar berolahraga.

Mengenal Sekilas Tentang Sejarah Senam Di Indonesia

Bagi Anda yang senang berolahraga, pasti sudah tidak aneh dengan kegiatan yang bernama senam, bahkan sebagian besar orang menjadikan hal tersebut sebagai rutinitas harian atau mingguan. Namun tahukah Anda tentang sejarah senam di Indonesia? Kalau belum tahu, silahkan baca penjelasan singkat tentang hal tersebut melalui artikel ini.

Awal mula bangsa Indonesia mengenal istilah senam adalah tahun 1912, yaitu waktu dimana negara Indonesia masih di dalam jajahan bangsa Belanda. Di tahun tersebut, adalah pertama kalinya mata pelajaran pendidikan jasmani menjadi salah satu materi pelajaran wajib di sekolah. Dari situ para siswa diajarkan tentang apa itu senam, apa manfaat senam, dan langsung praktek untuk melakukan gerakan senam bersama sama.

Seiring berjalan waktu, perkembangan sejarah senam di Indonesia mengalami berbagai perubahan, terutama saat penjajahan digantikan oleh bangsa Jepang. Semua perubahan tersebut menimbulkan aneka pengaruh dan modifikasi sehingga saat ini kita mengenal banyak sekali jenis senam di Indonesia.