Senam SKJ 84: Jenis Senam Yang Cukup Legendaris

Senam Kesegaran Jasmani 1984atau juga dikenal dengan istilah Senam SKJ 84 menurut sejarahnya mulai diperkenalkan di awal tahun 1984 berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan oleh Menpora. Senam ini kemudian diajarkan untuk seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, senam ini hampir dikuasai oleh seluruh lapisan masyarakat pada masa itu mulai dari anak TK hingga pensiunan veteran. Murid-murid sekolah saat itu juga melakukan senam ini hampir setiap pagi sebelum masuk ke kelas. Selain itu, setiap pelajaran olahraga juga akan dibuka dengan melakukan senam SKJ ini. Belum lagi perlombaan senam yang dilakukan secara rutin untuk memperingati momen-momen tertentu seperti hari olahraga nasional ataupun hari kemerdekaan Indonesia.

Mengenal sejarah Senam SKJ 84

Menurut sejarah, musik Senam SKJ 84 diciptakan oleh salah satu komponis terhebat di Indonesia, Nortier Simanungkalit. Beliau terkenal terutama dengan karya lagu lagu himne dan mars. Selain senam ini, beliau juga menggubah music untuk himne SEA Games X, senam pagi Indonesia, Mars Pemilu, dan masih banyak yang lainnya. Senam ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat berdasarkan SP kantor Menpora serta SK Dirjen PLSPO.

Biasanya, SKJ dikenal sebagai senam massal yang pada masanya diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam SKJ 84 dilakukan dengan iringan lagu berirama yang berasal dari beragam provinsi di Indonesia yang diaransemen ulang dan umumnya dilakukan oleh peserta senam dalam kelompok besar. Di Indonesia, senam ini biasa dilakukan di tempat umum dan di hari-hari tertentu dalam seminggu seperti jumat pagi ataupun saat weekend. Senam beserta musik pengiringnya menjadi sangat terkenal pada sekitar tahun 80 an hingga 90an ketika Indonesia dalam masa pemerintahan Orde Baru.

Ada beragam cara yang dilakukan oleh pemerintahan order baru sebagai upaya pembangunan yang salah satunya adalah melakukan pembangunan pada sektor sumber daya manusia. Untuk itu, pemerintah mulai memperbaiki pelayan kesehatan yang ada di masyarakat, meningkatkan gizi keluarga, meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya gerakan wajib belajar 9 tahun, serta mengajak masyarakat untuk gemar melakukan olahraga. Salah satu upaya pembangunan sumber daya manusia dibuktikan dengan diwajibkannya melakukan Senam SKJ 84 di sekolah.

Pada tahun 80an, pemerintah mulai giat mengkampanyekan slogan mengolahragakan masyarakat serta memasyarakatkan olahraga. Semenjak adanya kementrian pemuda dan olahraga pada tahun 1983, kegiatan olahraga yang ada di Indonesia semakin marak. Selain terciptanya Senam SKJ 84 yang wajib dilakukan di sekolah dan beberapa instansi pemerintahan, juga dicanangkan Hari Olahraga Nasional pada tanggal 9 September 1983. Pemilihan tanggal 9 September diambil dari tanggal yang sama saat menyelenggarakan PON pertama kali di kota Solo pada tahun 1948. Dari tahun ke tahun, senam ini terus mengalami perkembangan dan cukup sukses menggerakkan seluruh lapisan masyarakat untuk berolahraga.

Senam SKJ 84 merupakan salah satu senam yang pada masanya diwajibkan oleh pemerintahan Indonesia untuk seluruh lapisan masyarakat agar gemar berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *