Mulailah Senam Hamil 7 Bulan Ke Atas Untuk Membantu Persalinan

Menginjak kehamilan trimester ketiga, Senam 7 bulan bulan ke atas sangat perlu untuk dilakukan. Senam ini dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh si ibu dan juga buah hatinya. Pada saat sudah mendekati persalinan pastinya tubuh ibu mengalami peningkatan yang cukup signifikan berat bayi yang dikandung pun semakin bertambah, maka dari itu kondisi fisik ibu pastinya semakin hari semakin menurun dan aktifitas juga ada yang terganggu. Untuk menjaga kesehatan tubuh ibu disarankan untuk tetap berolahraga yang ringan karena olahraga yang ringan dapat mengontrol naiknya berat badan dan juga mengatasi berbagai macam keluhan yang dialami oleh ibu hamil misalnya sulit tidur, bengkak di bagian tertentu, dan juga dapat mengurangi resiko diabetes

Tips Menjaga Kehamilan 7 bulan ke atas

     Saat membersihkan rumah, ibu hamil tidak dianjurkan menggunakan bahan kimia

     Tips menjaga kehamilan 7 bulan ke atas yaitu tidak dianjurkan olahraga yang berat

     Hindarilah baking soda ataupun cuka selama kehamilan

Gerakan senam ibu hamil 7 bulan ke atas dapat dipraktekkan di rumah, di ruang keluarga atau ruang santai lainnya. Adapun gerakan sederhana yang dapat dilakukan adalah :

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah gerakan yang paling sederhana tetapi manfaatnya sangat banyak. Hal ini baik dilakukan setelah memasuki trimester ketiga, karena jalan kaki dapat membantu posisi bayi masuk dalam jalur lahir yang memudahkan dalam persalinan. Sebaiknya dilakukan dalam tiap hari secara rutin

  1. Duduk Di atas Exercise Ball

duduk ternyata juga dapat menjadi gerakan senam yang dapat membantu proses melahirkan. Dengan cara duduk di atas exercise ball, karena memungkinkan posisi panggul lebih tinggi dibandingkan dengan lutut yang bagus untuk mendorong bayi masuk ke jalan lahir dengan gaya gravitasi.

  1. Dengan Posisi Tertidur

Caranya yaitu gunakanlah kursi sebagai alat bantu lalu berbaringlah dengan nyaman lalu angkat dan letakkan kedua kaki di atas kursi dengan posisi punggung tetap berbaring, kemudian angkat pantat dengan bertumpu pada kedua siku lengan lalu tahan beberapa detik dan dilakukan secara berulang.

Tujuan Senam Hamil 7 Bulan Ke atas

o     Menyesuaiakan tubuh dengan baik dalam menyangga beban kehamilan

o     Memperkuat otot untuk menopang tekanan tambahan

o     Membangun daya tahan tubuh

o     Tujuan senam hamil 7 bulan ke atas yaitu memperbaiki sirkulasi dan respirasi

o     Menyesuaikan dengan pertambahan berat badan dan pada perubahan keseimbangan

o     Meredakan ketegangan dan membantu rileks

o     Membentuk kebiasaan nafas yang baik

o     Membangun semangat dan kepercayaan diri yang baik sebelum melahirkan

Kegiatan senam hamil 7 bulan ke atas ini bisa juga dilakukan sebelum kehamilan berusia 7 bulan, minimal pada usia kandungan 22 minggu. Karena pada senam hamil ini diajarkan bagaimana cara melatih pernapasan saat terjadi kontraksi. Mempelajari senam ini bukanlah hal sulit untuk dilakukan dan tidak juga menyita waktu anda.

Senam hamil 7 bulan ke atas atau lebih sebaiknya sudah mempelajari senam kehamilan dan anda juga harus berhati dalam merawat kehamilan , karena semakin lama kehamilan akan membutuhkan perhatian ekstra dan perhatian lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *