Pengertian Dan Jenis Senam Lantai Tanpa Alat

Ditinjau dari pengertiannya senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Cabang olahraga ini terbagi menjadi beberapa kelompok seperti senam artistik, senam ritmik sportif, senam akrobatik, senam aerobik sport, senam trampolin, dan senam umum. Sedangkan berdasarkan jenisnya senam dibedakan menjadi senam lantai dan kuda-kuda lompat. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai senam lantai khususnya senam lantai tanpa alat.

Pengertian Senam Lantai Tanpa Alat

Sebelum membahas mengenai senam lantai tanpa menggunakan alat. Lebih dahulu kita ketahui apa itu senam lantai. Dimana senam lantai merupakan bentuk latuihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. Jenis dari senam lantai sendiri terbagi menjadi senam lantai menggunakan alat atau tanpa menggunakan alat. Disisi lain definisi senam lantai juga diartikan sebagai salah satu bagian dari senam artistik yang dilakukan pada lantai yang beralas matras tanpa menggunakan alat bantu lain. Dimana lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam berukuran 12 x 12 m2 dengan tambahan 1 meter disetiap sisinya sebagai pengaman. Untuk lebih memahami mengenai senam lantai tanpa alat ini, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa latihan senam lantai tanpa alat:

Pertama, yang menjadi bagian dari senam lantai tanpa alat adalah forward roll atau disebut juga sebagai guling depan. Guling depan adalah gerakan yang dilakukan sepanjang daerah tumpuan dengan cara memutar badan terus menerus, sambil memindahkan posisi seluruh tubuh ke tempat lain dengan arah ke depan. Gerakan guling depan dilakukan sikap awal jongkok, kedua lengan lurus kedepan, lalu letakkan kedua telapak tangan diatas matras selebar bahu dengan disentuhkan ke dada. Gerakan selanjutnya Tungkai diluruskan usahakan berat badan ada di kedua tangan. Kemudian, letakkan pundak diatas matras lalu tolakkan kedua tungkai sampai badan tubuh mengguling. Selanjutnya tangan memegang lutut sebelum kedua kaki mendarat dan gerakan guling depan ini diakhiri sikap jongkok seperti sikap semula.

Senam lantai kedua tanpa alat yaitu back roll atau disebut juga guling belakang. Back roll adalah gerakan berguling kebelakang dimulai dari pantat, punggung kemudian tengkuk dibantu dengan kedua tangan, kemudian ke posisi jongkok. Sedangkan cara melakukan guling belakang ini dilakukan dengan sikap permulaan dalam posisi jongkok. Kedua tangan didepan dan kaki sedikit rapat. Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak kebelakang. Pada saat panggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak. Selanjutnya kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat. Kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat diatas matras dan sikap jongkok.

Senam lantai tanpa alat yang ketiga adalah gerakan meroda atau disebut sebagai radslag. gerakan meroda ini juga dapat diartikan sebagai gerakan memutar badan dengan sikap awal menyamping arah gerakan dan tumpuan berat badan ketika berputar menggunakan kedua tangan dan kaki. Nah itulah penjelasan mengenai senam lantai tanpa alat beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

senam lantai tanpa alat merupakan cabang dari olahraga yang dilakukan diatas matras dengan mengutamakan kelenturan tubuh tanpa menggunakan alat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *